Breaking News

TNI-AD Buka Lahan Tidur di Desa Oebaki

Soe, Jurnalsepernas.id
PANGLIMA Komando Stratzegis Angkatan Darat (Pangkostrad) Tentara Nasional Indonesia (TNI), Letnan Jenderal (Letjen) Maruli Simanjuntak, M.Sc mengunjungi Desa Oebaki, Kecamatan Noebeba, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk membuka perkebunan jagung bagi kepentingan masyarakat setempat.

Pangkostrad bersama rombongan mendarat dengan sebuah helikopter di lapangan Soe, pada Jumat (14/10) sekitar pukul 09.37 Wita waktu setempat.

Setibanya di TTS, rombongan Pangkostrad disambut oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 1621/ TTS, Latkol Arm. Roni Hermawan, SH, MM bersama Tokoh Adat (Toda), Tokoh Agama (Toga), dan Tokoh  Masyarakat (Tomas) Desa Oebaki Kecamatan Noebeba Kabupaten TTS secara adat orang Timor pada umumnya.

Dalam kesempatan itu, Pangkostrad menyampaikan kepada masyarakat Desa Oebaki, bahwa lahan pertanian merupakan salah satu masalah utama yang dihadapi para petani. “Lahan pertanian benar-benar harus terintegrasi dengan rencana pengembangan ruangan wilayah,” ujar pria bintang tiga di pundak itu.

TNI-AD membuka lahan tidur tidur dengan tujuan menanam jagung seluas kurang lebih 214 hektar yang bekerjasama dengan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Mentan-RI) untuk mendukung ketahanan pangan nasional, khususnya bagi masyarakat setempat,
dan yang sudah diolah sekitar 100 hektar. “Maka tinggal tersisa 114 hektar tersebut, perlu dikelola dengan baik demi peningkatan perekonomian masyarakat dan kesejahteraan seluruhnya,” imbuh korps baret hijau itu.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati TTS, Army Konay menyampai, lahan yang sudah disiapkan oleh TNI-AD itu membantu pemerintah dalam rangka mensejahterakan masyarakat dalam mengantisipasi krisis pangan maka TNI-AD membuka laha-lahan tidur untuk ditanami jagung serta perkembangan ekonomi masyarakat Desa Oebaki, Kecamatan Noebeba Kabupaten TTS.

Sementara Dandim 1621/TTS, Letkol Arm Roni Hermawan, SH, MM bersama para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten TTS mengucapkan terimakasih kepada Pangkostrad, Letjen TNI Maruli Simajuntak, M.Sc beserta rombongan yang sudah berkunjung di Wilayah Kodim 1621/TTS dalam rangka meninjau lokasi lahan jagung di Desa Oebaki.

Dukungan TNI-AD dan Kementan-RI dalam rangka menunjang ketahanan pangan, tentu berkolaborasi bersama Kementerian beserta masyarakat Desa Oebaki membuka lahan tidur di Kecamatan Noebeba Kabupaten Timor Tengah Selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk ditanami jagung di musim penghujan.

Pewarta: Yoseph Meol/Marselus Nuban, Kristian Nuban/Kengki Banu.
Editor : Loh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *