Organisasi

Tim LSM BPPI Sepakat Susun RKT-RKPS

Watansoppeng, Jurnalsepernas.id – KETUA Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Swadaya Masyarakat Barisan Patriot Peduli Indonesia (DPD-LSM-BPPI) Soppeng, Sulawesi Selatan, Rusmin selaku pendamping Kelompok Tani (Poktan) Alompang 1 dan 2 bersama Ahmad BD, Kordinator Media Jurnalsepernas.id, dan Tim Investigasi dan Monitoring mengadakan pertemuan dengan pihak Dinas Kehutanan Soppeng yang dihadiri Kepala Desa (Kades) setempat, berlangsung di Aula Kantor Desa Patampanua, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Sulsel, pada Selasa (20/12).

Dalam kesempatan itu Kades Patampanua, Amiruddin, S.Ag menyampaikan kepada pendamping Poktan, bahwa pihaknya sangat mendukung Kelompok Tani Alompang 1 dan 2 yang penting tidak merusak hutan, dan tidak menebang Pohon Ekaliptus, karena itu pohon sangat di sukai oleh Lebah hutan. “Saya minta supaya pohon Ekaliptus tidak ditebang,” pintanya.

Sementara dari pihak Kehutanan mengusulkan, pihak Poktan sebelum melakukan aktivitas di atas, maka perlu melakukan penyusunan kembali Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kerja Perhutanan Sosial (RKPS) setelah itu akan dilakukan penataan blog supaya jelas pengelolanya.

Lanjut Rusmin mengatakan, dirinya akan menyampaikan kepada semua Poktan, agar mengikuti aturan yang berlaku sebelum mereka menebang, karena ada beberapa hal yang harus dituntaskan seperti; membuat RKT dan RKPS sebagai acuan untuk mengelola kayu nya. “Saya berharap, agar semua anggota Poktan harus mau bekerjasama,” harap Rusmin.

Usai pertemuan dan arahan dari pihak Kehutanan, Kepala Desa, dan Tim Pendamping, maka dilanjutkan dengan pembentukan Kub yakni; Kub lebah madu, Kub kemiri, dan Kub Pengelolaan Kayu.

Pewarta: Afis
Editor : Loh

RUSMIN

Mengungkap Fakta Tampa Batas dengan melalui investigasi dan monitoring

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *