Organisasi

Bakornas Sulsel Ikuti Sosialisasi Ormas

Watansoppeng, Jurnalsepernas.id – LEMBAGA Swadaya Masyarakat Badan Anti Korupsi Nasional (LSM-Bakornas) Sulawesi Selatan (Sulsel) menghadiri acara sosialisasi Organisasi Masyarakat (Ormas) yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng, Sulsel berlangsung di Hark Cafe Jalan Malaka Poros Malaka Cenrana di Kelurahan Lapajung, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Selasa (31/05)

Acara tersebut, dibuka Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak, SE yang mengawali sambutannya dengan menyebut, ada oknum yang melenceng tapi mungkin karena mereka butuh dan sebagai manusia biasa tidak luput dari kehilafan sambil tersenyum manis.

Dalam kesempatan itu, dia meminta kepada semua LSM atau Ormas yang ada di Kabupaten Soppeng supaya tidak melenceng dari aturan sebagaimana yang tercantum dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADRT) kelembagaan. “Saya berharap, supaya LSM di Kabupaten Soppeng, agar membantu program pemerintah. Nigana kutennia pada idi maneng melo mitai madeceng Kampotta Yassi Soppengi,” harapnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemateri, pertama Dr.Rais Rahman S.STP, M.SI,
Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya, Agama dan Organisasi Masyarakat dengan tema; Pelaksanaan Kebijakan di Bidang Pendaftaran Organisasi Masyarakat, Pemberdayaan dan Evaluasi Organisasi Masyarakat.

Dalam kesempatan itu, pemateri memberikan petunjuk dan saran tentangpemahaman organisasi masyarakat kepada semua peserta yang hadir.

Adapun yang disampaikan yaitu; Ormas yang berbadan hukum dan Ormas yang tidak berbadan hukum. Syarat pendaftarannya sama, namun yang membedakan adalah untuk Ormas yang berbadan hukum terdaftar di Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) dan tidak perlu mendaftar, karena sudah terdaftar di pusat yang perlu dilakukan adalah menyampaikan keberadaannya.

Sedangkan yang tidak berbadan hukum, harus terdaftar di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang difasilitasi oleh Kesbangpol setempat.

Ditempat yang sama, dilanjutkan dengan pemateri yang ke dua Musriadi, SH, MH, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Sekretariat Daerah (Setda) dengan tema;
Regulasi Terkait Organisasi Kemasyarakatan dalam penyampaiannya bahwa LSM itu bagian dari masyarakat. “Saya minta kepada semua peserta yang hadir sebagai Ormas, supaya betul-betul bekerja dan membantu pemerintah dalam bahasa Bugis sama yang diucapkan oleh Bupati Soppeng Nigana ku tennia pada idi yassisoppengi,” pintanya.

Pewarta: Ridwan
Editor : Loh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *