𝐎𝐋𝐀𝐇𝐑𝐀𝐆𝐀

PSM Kampiun Liga Indonesia

Watan Mas, Jurnalsepernas.id – SETELAH 23 tahun puasa gelar juara, akhirnya Persatuan Sepakbola Makassar (PSM), Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil meraih juara BRI Liga 1 musim 2022-2023 setelah menekuk tuan rumah Madura United (MU) dikandangnya sendiri dengan skor 3-1, Jumat (31/03) malam.

4DFA753F 12F9 4E1E 8D99 E61BB1ECB2C0 Jurnal Sepernas

Torehan tiga poin dari laga penentuan ini, membuat PSM mengoleksi 72 poin yang sudah tidak bisa dikejar lagi oleh rival beratnya dari Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung (Persib), Jawa Barat (Jabar) pada waktu yang sama kalah dari Persatuan Sepakbola Indonesia Jakarta (Persija) dengan skor 2-0 meskipun Persib menyisakan empat laga sementara PSM masih memainkan dua laga masing-masing melawan Persatuan Sepakbola Indonesia Semarang (PSIS) dan Borneo Football Club (FC).

Pada laga di depan publik Madura United, PSM Makassar sudah unggul 1-0 saat pertandingan baru berjalan lima menit melalui Wiljan Pluim, play maker dari Belanda. Tentu gol ini meningkatkan kepercayaan diri dari pemain PSM lainnya yang bermain di bawah tekanan suporter tuan rumah.

Dengan semangar tinggi para pemain PSM berambisi meraih juara, lima menit kemudian, Pluim kembali mencatatkan namanya di papan skor memanfaatkan umpan sepak pojok Yance Sayuri. Dengan demikian, PSM makin berada di atas angin dengan keunggulan 2-0 di awal laga.

753C6F79 019A 4D4B AA52 7B70164F6EAF Jurnal Sepernas

Setelah berhasil mencuri dua gol dibabak pertama, PSM lebih banyak berada dalam tekanan Madura United, dimana tuan rumah berhasil mendominasi penguasaan bola yang mendapat supor dari penontonnya sendiri.

Berkat kekompakan para pemain di semua lini, PSM bisa bertahan dengan baik, sehingga skor 2-0 bisa bertahan hingga turun minum jeda babak pertama.

Memasuki babak ke dua, PSM kembali menggebrak di menit awal, perjuangan itu berhasik dengan kepiawaian Kenzo Nambu, pemain asal Samurai Biru, Jepang sukses mencetak gol di menit ke-48, unggul 3 gol membuat PSM nyaman.

Gol Kenzo Nambu berawal dari rebutan bola di daerah pertahanan Madura United. Melihat kiper Rendy Oscario maju dari posisi ideal, Nambu memutuskan melepaskan tembakan jarak jauh dari jarak sekitar 40 meter meluncur deras masuk ke gawang tanpa bisa dihalau penjaga gawang Madura United, Rendy Oscario.

Tiga menit berselang, Madura United bisa mencetak gol balasan. Gol itu berawal dari umpan Lulinha ke tiang jauh, Hugo Jaja Gomez berada di posisi ideal menyundul bola yang langsung masuk ke gawang Reza Arya Pratama.

Setelah mencetak gol, Madura United terus berupaya menggempur pertahanan PSM untuk mencari gol tambahan, namun berkat ketangguhan benteng pertahanan PSM yang dikawal Erwin Gutawa, Yuran Lopez, dan Syafruddin Tahar berhasil menjaga keunggulan 3-1 hingga akhir laga.

PSM pun sukses memastikan gelar juara Liga BRI1 musim 2022-2023. Begitu laga berakhir, para pemain dan jajaran pelatih PSM pun berlari ke lapangan untuk merayakan kemenangan.

Susunan Pemain Madura United (4-3-3):

Rendy Oscario; Alekvan Djin, Hasyim Kipuw, Cleberson, Novan Setyo Sasongko; Lee Yoo Jon, Zulfiandi, Jaja; Esteban Vizcarra, Beto Goncalves, Lulinha

PSM Makassar (3-5-2):
Reza Arya Pratama; Erwin Gutawa, Yuran Lopes, Safruddin Tahar; Yance Sayuri, Ananda Raehan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri; Wiljan Pluim, Everton.

Pewarta: Rahman
Editor : Loh

𝐑𝐔𝐒𝐌𝐈𝐍

𝐊𝐞𝐭𝐮𝐚 𝐈𝐈 𝐃𝐞𝐰𝐚𝐧 𝐏𝐢𝐦𝐩𝐢𝐧𝐚𝐧 𝐏𝐮𝐬𝐚𝐭 𝐒𝐞𝐫𝐢𝐤𝐚𝐭 𝐏𝐞𝐫𝐬 𝐑𝐞𝐟𝐨𝐫𝐦𝐚𝐬𝐢 𝐍𝐚𝐬𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥 (𝐃𝐏𝐏- 𝐒𝐄𝐏𝐄𝐑𝐍𝐀𝐒) 𝐝𝐚𝐧 𝐊𝐨𝐫𝐝𝐢𝐧𝐚𝐭𝐨𝐫 𝐍𝐚𝐬𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥 (𝐊𝐎𝐑𝐍𝐀𝐒) 𝐌𝐞𝐝𝐢𝐚 𝐂𝐞𝐭𝐚𝐤 𝐝𝐚𝐧 𝐎𝐧𝐥𝐢𝐧𝐞, 𝑱𝒖𝒓𝒏𝒂𝒍𝒔𝒆𝒑𝒆𝒓𝒏𝒂𝒔.𝒊𝒅- 𝐌𝐄𝐍𝐆𝐔𝐍𝐆𝐊𝐀𝐏 𝐅𝐀𝐊𝐓𝐀 𝐓𝐀𝐍𝐏𝐀 𝐁𝐀𝐓𝐀𝐒 , 𝐌𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐈𝐧𝐯𝐞𝐬𝐭𝐢𝐠𝐚𝐬𝐢 𝐝𝐚𝐧 𝐌𝐨𝐧𝐢𝐭𝐨𝐫𝐢𝐧𝐠 Telepon: 082332930636 / 082312911818.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *