Politik - Pemerintahan

Takalar Terima Kucuran Dana dari Pemprov

Takalar, Jurnalsepernas.id – PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) mengucurkan bantuan dana kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar untuk penanganan bencana alam dengan porsi yang cukup besar senilai total Rp 1,6 Miliar (M), Sabtu (31/12).

Penjabat Bupati Takalar, Dr. Setiawan Aswad menjelaskan, bantuan dari Pemprov tersebut, akan digunakan untuk membantu warga yang rumahnya rusak berat akibat dampak angin puting beliung, abrasi, dan banjir rob.

“Dari sekian banyak kabupaten yang terdampak, Takalar yang mendapatkan porsi paling besar untuk bantuan bencana itu, selain karena bencana yang menimpa kita agak berbeda dan parah dari daerah lainnya, juga ini bentuk perhatian yang besar bapak Gubernur kepada warga Takalar,” jelas Setiawan.

Saat ini, lanjut Setiawan menjelaskan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sementara mengidentifikasi rumah-rumah warga yang rusak dari yang sedang hingga rusak berat untuk diberikan bantuan perbaikan rumah.

Adapun penanganan infrastruktur yang rusak akibat bencana, khususnya abrasi akan dilakukan penanganan pasca bencana.

“Kita sudah membuat laporan dan permintaan bantuan untuk perbaikan infrastruktur, baik kepada pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi,” imbuh Setiawan.

Untuk diketahui, saat ini ada beberapa titik abrasi dalam proses pengerjaan tanggul penahan ombak dan abrasi. Adapun titik abrasi yang belum tercover akan dibuatkan tanggul darurat dari batu gajah menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT).

Dusun Saro, Desa Kanaeng, Kecamatan Galesong Selatan sepanjang 291 meter, dan Desa Mappakalompo, Kecamatan Galesong sepanjang 280 meter merupakan dua dari sejumlah titik tanggul penahan abrasi yang saat ini dibangun pemerintah.

Bantuan darurat berupa logistik makanan dan terpal juga telah diberikan Pemkab Takalar kepada warga terdampak bencana yang disertai dengan pemeriksaan kesehatan warga dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Takalar. (Sumber: Humas Pemkab Takalar).

Pewarta: Abd Rauf Ampa
Editor : Loh

RUSMIN

Mengungkap Fakta Tampa Batas dengan melalui investigasi dan monitoring

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *