Pendidikan - Budaya

Pemangku Adat Telen Dilantik

Sangatta, Jurnalsepernas.id – LAIN Padang Lain Belalang, Lain Kampung Lain Adat, inilah sebuah pepatah klasik yang menggambarkan, bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda satu sama lain yang sudah tentu menambah khasanah budaya di Indonesia.

Demikian halnya daerah Kutai Timur, masyarakat setempat mempunyai adat istiadat tersendiri ketika usai melaksanakan pelantikan ketua adat, mereka melaksanakan pesta adat yang disebut, Pelas Tanah, sebagaimana yang terjadi, pada Senin (26/12) telah dilaksanakan pelantikan Pemangku Adat setempat, berlangsung Dilamin Adat Kutai Desa Kabo Jaya, Kecamatan Sangatta, Kabupaten Kutai Tmur (Kutim), Kalimantan Timur (Kaltim).

Prosesi pelantikan dilakukan oleh Ketua Pemangku Adat Kabupaten Kutim, Juriansyah bersama Wakil Bupati (Wabub), H.Kasmidi Bulang melantik pemangku adat Kecamatan Telen, Suriansyah Aji Taupik.

Usai pelantikan, Suriansyah Aji Taupik berterima kasih kepada awak media Jurnalsepernas.id turut hadir meliput dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan pesta adat Pelas Tanah.

Suriansyah Aji Taupik berharap, dengan adanya media Jurnalsepernas.id di wilayahnya, bisa membantu mengontrol dirinya dalam hal melaksanakan kinerja sebagai pemangku adat.

Pewarta: Sabran
Editor : Loh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *