𝐊𝐄𝐒𝐄𝐇𝐀𝐓𝐀𝐍

Kenali Makanan yang Bikin Cepat Tua

Jakarta, Jurnalsepernas.id – PENUAAN kulit adalah proses yang alami seiring bertambahnya usia. Namun, ada, lho, beberapa makanan yang bikin cepat tua di usia yang masih tergolong muda. Nah, untuk mencegah penuaan dini, yuk, kenali beberapa jenis makanan ini.

Menjaga penampilan agar tidak cepat tua tidak hanya dengan perawatan dari luar, tetapi juga dari dalam. Salah satunya adalah dengan menghindari konsumsi makanan yang bikin cepat tua. Makanan ini umumnya adalah makanan yang memang tidak sehat dan dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membuatmu lama-lama tampak lebih tua dari seharusnya. Berikut ini Jurnalsepernas.id menurunkan artikel terkait jenis makanan yang membuat wajah cepat kelihatan tua dilansir dari laman Alodokter, Sabtu (12/05) ini dia di antaranya:

1. Daging Merah

Daging merah, seperti daging sapi, daging kambing, atau daging domba, memang memiliki rasa yang lezat. Namun, jenis makanan ini sebaiknya dibatasi, karena daging merah termasuk makanan yang tinggi garam, lemak jenuh, dan sulfit.

Kandungan-kandungan ini bisa membuat kulit dehidrasi dan menyebabkan peradangan yang merusak kolagen (protein pendukung kekencangan kulit). Akibatnya, kulit kamu jadi kering, kusam, dan kendur sehingga terlihat lebih tua dari seharusnya.

2. Makanan atau Minuman Tinggi Kadar Gula

Kadar gula darah yang berlebih dari makanan dapat menyebabkan peradangan yang merusak kolagen. Selain itu, gula dari makanan juga akan menempel pada mulut dan menyebabkan gigi kuning dan keropos. Kedua hal ini bisa membuat seseorang tampak lebih tua dari seharusnya.

Makanan dan minuman yang mengandung banyak gula antara lain minuman bersoda, makanan ringan kemasan, dan kue-kuean. Tak hanya itu, makanan yang tinggi karbohidrat yang diproses, seperti roti dan pasta, juga dapat menghasilkan banyak gula saat dicerna.

3. Makanan Tinggi Garam

Mengonsumsi terlalu banyak makanan asin atau tinggi sodium juga bisa membuatmu terlihat lebih cepat tua. Pasalnya, terlalu banyak makan garam dapat membuat tubuh menumpuk air, sehingga tampilan kulit menjadi sembap dan tidak segar.

4. Makanan yang Digoreng

Semua makanan yang digoreng dalam rendaman minyak, misalnya kentang goreng atau ayam goreng, bisa melepaskan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan sel-sel pada kulit. Hal ini dapat mempercepat proses penuaan karena bisa melemahkan elastisitas kulitmu.

5. Makanan yang Dibakar

Makanan yang dibakar, apalagi yang nyaris hangus, mengandung hidrokarbon yang dapat menyebabkan peradangan dan merusak kolagen pada kulit. Untuk menurunkan risiko penuaan dini, kamu bisa hilangkan atau potong bagian makanan yang hangus sebelum mengonsumsinya.

6. Minuman Berkafein

Minuman berkafein, seperti kopi, dapat membuat tubuh lebih cepat kekurangan cairan, sehingga kulit terlihat lebih kusam. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi kopi dalam jangka panjang dapat merusak permukaan enamel gigi dan mengubah warna gigi.

7. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol juga bisa membuat kamu terlihat tua lebih cepat. Pasalnya, minuman ini dapat membuatmu kehausan dan mengganggu pola tidurmu. Padahal, istirahat sangatlah penting untuk memperlambat penuaan.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol juga merusak organ hati. Jika demikian, hati tidak dapat memecah racun keluar dari tubuh dengan efektif. Hal ini akan tampak pada kulit yang menjadi cepat keriput atau berjerawat.

Menerapkan Pola Makan Sehat
Kendati jenis makanan seperti di atas bisa membuat kamu terlihat cepat tua, bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsinya sama sekali. Hanya saja, kamu perlu membatasi dan mengimbanginya dengan makanan bergizi.

Selain jenis makanan, kamu juga perlu memperhatikan pola makanmu. Pola makan yang sehat dapat membantu menjagamu tetap awet muda. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menerapkan pola makan sehat:

Konsumsi protein setiap kali kamu makan. Pilihlah sumber protein sehat, seperti ikan, biji-bijian, kacang-kacangan, atau
pilih makanan yang padat nutrisi daripada makanan ringan yang tinggi gula, garam, dan lemak. Misalnya, daripada makan pie apel, lebih baik makan apel utuh.

Makan setiap 3–4 jam sekali untuk menjaga tubuh agar tetap berenergi, tapi pastikan kamu tidak makan berlebihan.
Ganti makanan yang mengandung tepung dengan gandum utuh, sehingga kamu tetap mendapatkan cukup serat dan karbohidrat.
Konsumsi 5–7 sajian sayuran dan buah setiap hari, untuk mendapatkan cukup vitamin A, C, dan E yang bagus untuk kulit.

Konsumsi cukup air putih.
Yuk, mulai sekarang pastikan kamu selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, sehingga kamu bisa tetap terlihat awet muda dan kesehatan tubuhmu secara keseluruhan juga terjaga. Jika kamu masih memiliki. (Sumber: Alodokter).

Pewarta/Editor: Loh

Laode Hazirun

Ketua Umum Jurnal Sepernas. "Sepernas satu2nya organisasi pers dari Indonesia timur yg merancang UU Pers tahun 1998 bersama 28 organisasi pers" HP: 0813-4277-2255

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *