Bahasa-Sastra

Kasi Binadik Lapas Gorontalo Kunjungi KemenagKasi Binadik Lapas Gorontalo Kunjungi KemenagKasi Binadik Lapas Gorontalo Kunjungi Kemenag

Gorontalo, Jurnalsepernas.id – LEMBAGA Pemasyarakatan Kelas IIA Unit Pelaksana Teknis Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Lapas UPT Kanwil Kemenkumham) Provinsi Gorontalo melalui Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Kasi Binadik), Kasdin Lato melakukan lawatan anjangsana ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Gorontalo, Senin (14/11).

Kunjungan Kasi Binadik yang notabene orang yang menggawangi langsung program pembinaan kepribadian bagi Warga Binaan di Lapas itu, diterima langsung oleh Dr. Hj. Misnawaty S.Nuna Kepala Kantor Kemenag Kota Gorontalo.

Pertemuan yang berlangsung di ruang Kepala Kemenag berlangsung sejuk dan penuh keakraban.

Dalam diskusinya Kasdin menyampaikan, kunjungan itu dalam rangka koordinasi untuk memperkuat kerjasama di bidang Pembinaan Keagamaan Islam bagi Warga Binaan. Olehnya, dirinya atas nama Lapas Gorontalo, menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas peran serta dari Kemenag Kota Gorontalo yang telah berkontribusi besar dalam menjalankan fungsi pembinaan mental dan spiritual bagi warga binaan, khususnya dalam penyediaan Tenaga Penyuluh Agama Islam dalam mengawal proses pembelajaran program Iqro dan tadarus Al-Quran.

“Kehadiran penyuluh agama Islam dan tenaga pengajar dari Kemenag Kota Gorontalo memberi warna baru dalam hal ini meningkatkan semangat belajar bagi Warga Binaan. Tentunya untuk menjaga antusiasme Warga Binaan dan keberlangsungan program pembelajaran, maka Lapas Gorontalo berencana melakukan peningkatan program pembinaan keagamaan, yaitu terkait pembukaan kelas pembelajaran Tamyiz, Tahsin, Tilawah, Tahfidz Qur’an,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menambahkan, pihaknya memberikan kesempatan kepada Warga Binaan yang dianggap mampu untuk menjadi petugas sholat (imam, khotib, dan muazin) pada program Jum’atan di Masjid di luar Lapas.

Hal itu sebagai bentuk evaluasi sekaligus memberikan ruang bagi Warga Binaan untuk persiapan reintegrasi dengan masyarakat sekitar.

Selanjutnya Kepala Kantor Kemenag Kota Gorontalo, Dr. Hj. Misnawaty S. Nuna menyampaikan, dirinya selaku pimpinan di jajaran Kemenag Kota Gorontalo, tentunya menyambut baik rancangan program kerja dari pihak Lapas Gorontalo dalam peningkatan fungsi pembinaan ini.

Untuk itu, pihak Kemenag Kota senantiasa memberikan dukungan terutama dalam hal penyediaan tenaga penyuluh agama Islam di wilayah Kota Gorontalo yang berkompeten sekaligus penyiapan narasumber yang dibutuhkan dalam rangka keberlangsungan program kerja sama ini.

“Pada prinsipnya kami akan memberikan dukungan sekaligus rekomendasi kepada pihak Lapas Gorontalo, yang sudah memberi kesempatan kepada Warga Binaan, yang tentunya telah memenuhi syarat yang ditetapkan oleh pihak Lapas, dan telah lolos seleksi oleh Tim Penyuluh Agama Islam untuk mengisi kegiatan Jumatan di Masjid luar Lapas, mulai dari perangkat Muazin, Khotib dan Imam.

Tentunya hal itu dimaksudkan untuk mengintegrasikan pembinaan Narapidana di dalam Lapas dengan di luar Lapas sebagai bentuk pembinaan yang berkelanjutan,” tutupnya.
(Sumber: Humas Lapas Gorontalo).

Pewarta: Dirman
Editor : Loh

RUSMIN

Mengungkap Fakta Tampa Batas dengan melalui investigasi dan monitoring

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga
Close