𝐇𝐔𝐊𝐔𝐌- 𝐇𝐀𝐌

Deputi KPwBI Kunjungi Bengkel Lapas Pohuwato

Marisa, Jurnalsepernas.id – BENGKEL kerja Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIb Kabupaten Pohuwato, Gorontalo mendapat kunjungan langsung dari Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Gorontalo, Taufik Hidayat dan Konsultan Bank Indonesia perwakilan Gorontalo Ujang Supriadi, Kamis (13/06).

Dalam kunjungannya, Deputi KPwBI Gorontalo yang didampingi Pelaksana Harian Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Plh Kalapas) Pohuwato, Ecep Sadria dan Pembina Usahs Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kayna Lapato, Fery Utiarahman, melihat langsung pembuatan lukisan menggunakan sabuk kelapa oleh 20 warga binaan Lapas Pohuwato.
IMG 20240614 WA0004 768x432 1 Jurnal Sepernas
Selain itu, terlihat juga hasil kerajinan tangan dari warga binaan di bengkel kerja Kayna Lapato, seperti, miniatur kapal, kotak tisu, tas dan gelang dari berbagai macam bahan dasar yang tidak layak pakai.

Pembina UMKM Kayna Lapato Fery Utiarahman menyampaikan, kunjungan Deputi KPwBI Gorontalo, melihat proses pekerjaan berbagai macam kerajinan tangan dari warga binaan.

“Datang dan meninjau langsung seberapa telatennya warga binaan Lapas Pohuwato bisa menghasilkan hasil kerajinan tangan dengan nilai jual yang cukup mahal dipasaran,” kata Fery.

Sebab biasanya, ungkap Fery, lukisan yang dihasilkan oleh warga binaan ini, biasanya terjual hingga puluhan juta.

“Hasil karya seni itu tidak ternilai, bahkan biasanya karya mereka mendapat pembeli dari luar Gorontalo hingga luar negeri, dengan harga yang fantastic,” paparnya.
IMG 20240614 WA0002 768x432 1 Jurnal Sepernas
Sementara itu, Plh Kalapas Pohuwato Ecep Sadria mengatakan, senang atas kunjungan dan penguatan yang diberikan langsung oleh Deputi KPwBI Gorontalo.
IMG 20240614 WA0002 Jurnal Sepernas
Ke depan, selepas pelatihan dan telah bebas, harap Ecep, para warga binaan ini, bisa meningkatkan talenta masing-masing dan bisa membuka usaha sendiri untuk kehidupan lebih baik di masa akan datang.

“Semoga dengan pelatihan yang diberikan bisa membuat warga binaan Lapas Pohuwato semakin termotivasi untuk menjadi pelaku usaha yang sukses kedepan jika selesai menjalani masa pidana nantinya,” harapnya.

Terakhir, selain melihat hasil karya seni dari warga binaan, Deputi KPwBI Gorontalo, Taufik Hidayat, juga memberikan penguatan enterpreneur kepada 20 warga binaan Lapas Pohuwato. (Sumber: Humas Lapas Pohuwato).

Pewarta: Dirman
Editor : Loh

Laode Hazirun

Ketua Umum Jurnal Sepernas. "Sepernas satu2nya organisasi pers dari Indonesia timur yg merancang UU Pers tahun 1998 bersama 28 organisasi pers" HP: 0813-4277-2255

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *