𝐏𝐎𝐋𝐈𝐓𝐈𝐊- 𝐏𝐄𝐌𝐄𝐑𝐈𝐍𝐓𝐀𝐇𝐀𝐍

Setiawan Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi

Pattallassang, Jurnalsepernas.id – RAPAT Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel) dihadiri Penjabat (Pj)
Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M.Dev, Plg bersama unsur Forum Kojunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Staf Ahli Bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), beserta seluruh Tim Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dipimpin oleh Pelaksana Tugas Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Plt. Irjen Kemendari) yang bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Daerah (Setda) secara Hibryd, Selasa (02/07).

Rakor inflasi ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Kemendagri bersama seluruh Tim TPID dari seluruh Indonesia.

Hal itu bertujuan untuk memantau kondisi inflasi yang terjadi di seluruh daerah dan merumuskan perencanaan langkah kongkret yang akan di lakukan terhadap daerah yg mengalami peningkatan inflasi.
IMG 20240703 WA0001 Jurnal Sepernas5
Pj. Bupati Takalar menyampaikan inflasi Kabupaten Takalar yang mengacu pada Kota Makassar Pada Juni 2024 terjadi inflasi year on year (y-on-y) Kota Makassar sebesar 1,77 % dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 106,13.

Sementara itu, Indeks Perkembangan Harga (IPH) Kabupaten Takalar pada Pekan ke-3 Bulan Juni masih mengalami Deflasi sebesar -0,68. Bahan pokok penyumbang Deflasi Cabai Rawit (-0,59), Daging Ayam ras (-0,47), Telur Ayam Ras (-0,018).

“Pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya dalam mencegah inflasi, salah satunya dengan melakukan intervensi langsung di pasar untuk mengendalikan harga barang dan jasa tertentu yang memiliki dampak signifikan terhadap inflasi, seperti cabai rawit, telur dan komoditi lainnya,” jelas Setiawan.

Ia juga menambahkan, peningkatan produksi dan produktivas juga terus ditingkatkan. Dengan meningkatkan pasokan barang dan jasa, permintaan dapat terpenuhi tanpa menimbulkan tekanan harga yang signifikan.

“Pada kesempatan ini, saya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh Tim TPID yang telah berhasil berkolaborasi dan bekerja sama dalam mengandalikan inflasi di Kabupaten Takalar,” pungkas Setiawan. (Sumber: Diskominfo-SP Pemkab Takakar).

Pewarta: Abd Rauf Ampa

Editor : Loh

Laode Hazirun

Ketua Umum Jurnal Sepernas."Sepernas satu2nya organisasi pers dari Indonesia timur yg merancang UU Pers tahun 1998 bersama 28 organisasi pers" HP: 0813-4277-2255

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *