TNI-POLRI

Kapolri Beri Perhatian Korban Lakalantas

Kapolri Beri Perhatian Korban Lakalantas

Karawang, Jurnalsepernas.id – KEPALA Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan, seluruh pihak terkait memberikan pelayanan terbaik bagi keluarga korban Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) Tol Jakarta-Cikampek Kilo Meter (KM) 58 terkait proses pengambilan jenazah.

Saat ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, Jawa Barat (Jabar) sedang melakukan Postmortem (Pemeriksaan) dan Antemortem (Mengambilan Mayat) untuk kebutuhan identifikasi dari korban kecelakaan tersebut.

β€œKemudian saat ini untuk upaya selanjutnya adalah melakukan pelayanan terkait dengan proses antemortem yaitu pengambilan jenazah yang akan diambil oleh keluarga,” kata Sigit saat meninjau langsung RSUD Karawang, Jawa Barat, Senin (08/04).

Sigit juga menekankan, Tentara Nasional Indonesia-Kepolisian Republik Indonesia (TNI-Polri) dan stakeholder terkait lainnya terus berupaya maksimal dalam rangka proses identifikasi dari korban kecelakaan tersebut.

β€œSaat ini yang dilaksanakan khususnya oleh Kepolisian dan juga dibantu dengan TNI dengan pemerintah daerah serta rekan-rekan dari Kementerian Perhubungan, kita sedang melakukan upaya untuk mendapatkan ciri-ciri dari korban yang meninggal, karena memang kondisi lukanya cukup berat. Sehingga tentunya perlu dilakukan langkah-langkah postmortem,” ujar Sigit.

Dari upaya sementara, 12 korban itu diketahui terdiri dari tujuh pria dan lima wanita. Saat ini semuanya dalam proses postmortem untuk mengambil jaringan tubuh, kemudian juga properti-properti yang didapat.

β€œDan tadi juga diinformasikan ada dua KTP yang didapatkan yang kemudian dikenali identitas dan sudah kita hubungi pihak keluarga, ada yang satu berasal dari Ciamis dan satu berasal dari Bogor,” tandas Sigit.

Sigit menjelaskan, untuk keluarga nantinya pihak rumah sakit akan melakukan pengecekan Deoxyribo Nuclead Acid (DNA). Setelah hasilnya cocok atau identik, maka jenazah korban akan segera diserahkan ke pihak keluarga.

β€œJadi saat ini sedang berlangsung, sudah ada 4 keluarga yang saat ini sedang melaksanakan kegiatan dan sisanya tentu sedang kami tunggu dan kami berupaya untuk segera menghubungi pihak dan keluarga korban,” jelas Sigit.

Disisi lain, Sigit juga menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam terhadap seluruh keluarga korban kecelakaan tersebut. Kejadian ini akan dijadikan evaluasi, agar tidak terjadi peristiwa serupa.

β€œKami ucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas peristiwa yang terjadi dan menimpa di situasi mudik yang tentunya ini adalah peristiwa yang sebenarnya tidak kita inginkan. Namun demikian ini menjadi satu musibah dan menjadikan bahan evaluasi,” pungkas Sigit. (Sumber: Kadiv Humas Mabes Polri).

Pewarta/Editor: Loh

Laode Hazirun

Ketua Umum Jurnal Sepernas. "Sepernas satu2nya organisasi pers dari Indonesia timur yg merancang UU Pers tahun 1998 bersama 28 organisasi pers" HP: 0813-4277-2255

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *