Breaking News

BPS Akan Turun Lakukan Regsosek

Pangkep, Jurnalsepernas.id — BADAN Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan (Sulsel) akan melaksanakan Registrasi Sosial Ekonomi Keluarga (Regsosek) yang dilaksanakan, pada15 Oktober hingga 14 Nopember 2022.

Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) melepas petugas pendata berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Pangkep, Senin (10/10).

“Saya selaku bupati menitipkan kepada camat, kepala desa, dan lurah, teman-teman kita para petugas regsosek ini dapat dibantu pada saat turun dan terjun langsung di desa dan kelurahan masing-masing. Saya harapkan, agar data-data yang dihasilkan ini benar-benar betul adanya,” pesannya.

Kepala BPS Pangkep, Arifin mengatakan, petugas registrasi berasal dari warga setiap desa yang akan bertugas melakukan pendataan terkait dengan profil rumah tangga, aset rumah tangga, keadaan rumah tangga sosial ekonomi.

“Harapannya, data itu diperoleh melahirkan basis data yang menjelaskan kondisi setiap keluarga,” harapnya.

Pendataan menerjunkan 530 orang petugas akan dilakukan terhadap 107 ribu keluarga yang tersebar di 103 desa, kelurahan, dan 13 kecamatan.

“Mudah-mudahan setelah selesai nanti, akan melahirkan satu data untuk perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat,” imbuhnya.

Ia pun berharap, sesuai pesan Bupati Pangkep saat pelepasan petugas pendata menyampaikan, agar kegiatan ini menjadi kolaborasi semua pihak.

“BPS selaku pelaksana, OPD, forkopimda dan aparat penegak hukum memberikan dukungan,” harapnya.

Ia pun sangat berharap kepada masyarakat untuk menerima kedatangan petugas dan memberikan informasi apa adanya sesuai kondisi, agar menghasilkan basis data yang tepat dan akuntabel, sehingga semua upaya yang dilakukan pemerintah daerah bisa menuntaskan pengangguran dan kemisikinan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pangkep Djajang mengatakan, pihaknya akan ikut mendampingi petugas guna memastikan pendataan yang dilakukan akurat dan sesuai kondisi lapangan.

“DPMD, utamanya kepala desa kita mendukung dan membantu para pencacah, agar berjalan lancar dan sesuai tupoksi pelaksanaan regsosek,” katanya.

Pewarta: Andi Baso
Editor : Loh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *