𝐏𝐄𝐍𝐃𝐈𝐃𝐈𝐊𝐀𝐍- 𝐁𝐔𝐃𝐀𝐘𝐀

5 Makanan tidak Boleh Dipanaskan Kembali

 

Makassar, Jurnalsepernas.id BANYAK kalangan ibu-ibu rumah tangga tidak mengerti tentang kesehatan makanan dan terkadang bila memasak berlebihan, sehingga bila dimakan ada sisa. Biasanya sisa makanan dipanaskan kembali, kerena ibu-ibu memanaskan makanan yang belum habis sudah menjadi hal yang biasa.

Terkadang, kita sengaja memasak makanan dengan porsi yang besar dengan tujuan bisa dinikmati berhari-hari, dan cukup tinggal menghangatkannya saja.

Meskipun cara tersebut efektif, tetapi Anda harus waspada untuk memilah makanan yang akan dihangatkan.

Faktanya tidak semua jenis makanan dapat dihangatkan kembali, berikut Jurnalsepernas.id menurunkan tips lima jenis makanan yang tidak boleh dihangatkan kembali dilansir dari laman siaran Food Standards Agency, Kamis (04/10).

1. Kentang

Kentang kaya akan vitamin B6, kalium dan vitamin C. Jika dipanaskan berulang-ulang, nutrisi itu bisa menghasilkan Clostridium Botulinum yang menyebabkan keracunan serius.

Jika Anda meninggalkannya pada suhu ruangan dan tidak mendinginkannya dengan cepat, Anda berisiko membiarkan bakteri berkembang biak.

Untuk menghindari pertumbuhan bakteri, simpan kentang yang sudah matang di dalam lemari es dan konsumsi dalam 1-2 hari.

2. Bayam

Bayam adalah sayuran sehat yang mengandung sumber kalsium dan nitrat yang tinggi.

Nitrat adalah senyawa kimia yang banyak ditemukan dalam sayuran. Senyawa ini merupakan campuran dari nitrogen dan oksigen.

Kandungan nitrat ini yang membuat bayam yang mengandung nitrat tidak bisa dipanaskan Kembali.

Karena saat dipanaskan kembali sayuran jenis ini menghasilkan zat karsinogenik yang beracun.

Selain itu, zat besi yang terkandung dalam sayuran seperti bayam juga bisa teroksidasi, saat zat besi teroksidasi bisa menghasilkan radikal bebas yang menjadi pemicu kanker dan penyakit lainnya.

Anda bisa memakannya setelah dikukus atau didinginkan dengan cepat untuk mencegah produksi nitrit.

3. Telur

Telur sebaiknya dikonsumsi saat masih segar dan tidak dianjurkan untuk kembali dipanaskan.

Seperti halnya bayam, telur juga tinggi nitrogen karena kandungan protein yang ada di dalamnya. Saat dipanaskan, telur akan bereaksi sama dengan sayuran tinggi nitrat.

Jadi sebaiknya Telur yang sudah dimasak harus segera dimakan dan jika disimpan lebih lama, jangan dipanaskan kembali, makan saja dalam keadaan normal.

4. Ayam

Ayam mengandung protein dalam jumlah tinggi. Jangan pernah memanaskan kembali ayam, karena komposisi protein akan berubah, dan mengubah daging menjadi racun yang akan mempengaruhi sistem pencernaan, diare dan muntah.

5. Nasi

Meskipun sedikit mengejutkan, ternyata makan nasi yang dihangatkan kembali dapat menyebabkan muntah dan diare.

Menurut Food Standards Agency (FSA), jika Anda makan nasi yang dihangatkan kembali, Anda dapat menderita keracunan makanan karena adanya bakteri yang sangat resisten yang disebut Bacillus cereus.

Bakteri tersebut dapat berkembang biak jika nasi yang dimasak tidak disimpan dengan benar atau disimpan terlalu lama. Sebaiknya Nasi harus disajikan segera setelah matang. (Sumber: Food Standards Agency).

Pewarta/Editor: Loh

𝐑𝐔𝐒𝐌𝐈𝐍

𝐊𝐞𝐭𝐮𝐚 𝐈𝐈 𝐃𝐞𝐰𝐚𝐧 𝐏𝐢𝐦𝐩𝐢𝐧𝐚𝐧 𝐏𝐮𝐬𝐚𝐭 𝐒𝐞𝐫𝐢𝐤𝐚𝐭 𝐏𝐞𝐫𝐬 𝐑𝐞𝐟𝐨𝐫𝐦𝐚𝐬𝐢 𝐍𝐚𝐬𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥 (𝐃𝐏𝐏- 𝐒𝐄𝐏𝐄𝐑𝐍𝐀𝐒) 𝐝𝐚𝐧 𝐊𝐨𝐫𝐝𝐢𝐧𝐚𝐭𝐨𝐫 𝐍𝐚𝐬𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥 (𝐊𝐎𝐑𝐍𝐀𝐒) 𝐌𝐞𝐝𝐢𝐚 𝐂𝐞𝐭𝐚𝐤 𝐝𝐚𝐧 𝐎𝐧𝐥𝐢𝐧𝐞, 𝑱𝒖𝒓𝒏𝒂𝒍𝒔𝒆𝒑𝒆𝒓𝒏𝒂𝒔.𝒊𝒅- 𝐌𝐄𝐍𝐆𝐔𝐍𝐆𝐊𝐀𝐏 𝐅𝐀𝐊𝐓𝐀 𝐓𝐀𝐍𝐏𝐀 𝐁𝐀𝐓𝐀𝐒 , 𝐌𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐈𝐧𝐯𝐞𝐬𝐭𝐢𝐠𝐚𝐬𝐢 𝐝𝐚𝐧 𝐌𝐨𝐧𝐢𝐭𝐨𝐫𝐢𝐧𝐠 Telepon: 082332930636 / 082312911818.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *