Usaid Gelar Workshop PASI
Pattallassang, Jurnalsepernas.id – UNITED States Agency for International-Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (USAID-IUWASH) Tangguh, bekerja sama dengan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Workshop PASI untuk Implementasi Panduan Teknis Sektor WASH/WRN dan Pendampingan Masyarakat dalam Menyampaikan Pengaduan melalui Aplikasi Syistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar, Rabu (18/12).
Dalam sambutannya, Asisten Administrasi Umum Takalar, Suhardiyanto, S.STP, M.Si, mewakili Penjabat (Pj) Bupati Takalar, menyampaikan apresiasi kepada USAID-IUWASH Tangguh atas kerja samanya dengan Pemerintah Kabupaten Takalar dalam menyelenggarakan workshop ini.
Ia menekankan pentingnya aplikasi SP4N LAPOR untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik.
βSaya mengucapkan terima kasih kepada pihak USAID-IUWASH Tangguh yang telah berkenan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Takalar. Kerja sama ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman kita dalam memaksimalkan penggunaan Aplikasi SP4N LAPOR, sebagai sarana untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih transparan, akuntabel, dan responsif,β ujar Suhardiyanto.
Sementara itu, Rieneke Rolos, Regional Manager Program USAID-IUWASH Tangguh Provinsi Sulawesi Selatan dan Papua, berharap workshop ini dapat mendukung peningkatan pelayanan publik di sektor air minum, sanitasi, dan pengelolaan air limbah domestik di Kabupaten Takalar.
βKami hadir di setiap kabupaten dan fokus pada sektor air minum, sanitasi, serta sumber daya air. Kami akan terus membantu PDAM untuk memberikan pelayanan yang aman dan berkualitas,β tandas Rieneke.
Syainal Mannan, S.STP, M.Si, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, juga menyampaikan harapan, agar penggunaan aplikasi SP4N LAPOR semakin mempermudah masyarakat dalam menyampaikan pengaduan.
“Dengan adanya teknologi, aplikasi SP4N LAPOR masyarakat kini bisa melapor kapan saja dan di mana saja, memudahkan proses penyelesaian aduan,” papar Syainal.
Aplikasi SP4N LAPOR dirancang untuk memfasilitasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan terkait pelayanan publik. Dengan adanya aplikasi ini, pengaduan dapat ditangani dengan lebih cepat dan tepat, meningkatkan kualitas pelayanan publik, terutama dalam sektor WASH/WRN di Kabupaten Takalar.
Hadir dalam kegiatan ini, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbanda), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), serta perwakilan Kelurahan Bajeng dan Kelurahan Kalabbirang.(Sumber: Diskominfo-SP Pemkab Takalar).
Pewarta: Abd Rauf Ampa
Editor : Loh