Hukum - Ham

TNI-Polri Tangkap Ketua KNPB-OPM Merauke

Jakarta, Jurnalsepernas.id – PRIA yang oleh polisi diinisialkan dengan EKM (38), Ketua Komite Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (KNPB-OPM) Wilayah Merauke ditangkap personel Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia (TNI-Polri) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Operasi Nemangkawi.

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Kasatgas Operasi Nemangkawi, Kombes M Iqbal Alqudusy mengatakan, penangkapan dilakukan Rabu (09/06) sekitar pukul 22.35 Wit di rumah pelaku di Jalan Perikanan Darat, Kelurahan Kelapa V, Kabupaten Merauke, Papua.

“Satgas Operasi Nemangkawi menangkap pemilik akun Facebook atas nama Manuel Metemoko yang diduga telah menyebarkan informasi palsu atau hoaks, provokatif kebencian atau permusuhan individu maupun kelompok masyarakat dengan SARA,” kata Kombes Iqbal dalam keterangannya diterima di Jakarta, Kamis (10/06).

Barang bukti yang disita, satu Telepon Seluler (Ponsel) milik pelaku dan beberapa unggahan di akun Facebook atas nama Manuel Metemoko sebagai alat bukti. “Saat ini tim Satgas Siber telah membawa tersangka ke Kepolisian Resor (Polres) Merauke untuk dilakukan pemeriksaan digital forensik terhadap barang bukti yang diamankan,” kata Iqbal.

EKM juga diketahui sebagai ketua I KNPB-OPM Wilayah Merauke. Aparat melakukan upaya penegakan hukum terhadap pemilik akun Facebook tersebut, karena telah membuat unggahan yang meresahkan masyarakat.

Beberapa unggahan yang diduga melanggar pidana antara lain, menyebarkan foto yang tidak sesuai dengan kejadian aslinya dengan keterangan foto tertulis “Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak Papua berhasil dibakar TPNPB pada Kamis (03/06)”. (Sumber: Ikatan Jurnalis Kepolisian).

Pewarta/Editor: Loh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *