Breaking News

Bencana Longsor Landa Jalan Sukowati Paddoang-Doangan

Pangkep, Jurnalsepernas.id – TELAH terjadi amblas pondasi talud yang mengakibatkan longsor pinggir sungai dan pohon tumbang di sisi Jalan Sukowati Kelurahan Paddoang-Doangan, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Kamis (06/10) sekitar pukul 13.00 Wita atau sesudah shalat dluhur.

Terjadinya longsor tebing pinggir sungai tersebut, akibat hujan deras yang baru berlangsung selama 30 menit, tiba-tiba talud dari pondasi sepanjang hampir 100 meter dengan ketinggian lebih lima meter menyebabkan amblas mencapai selebar dua meteran kebagian badan jalan.

Menurut saksi mata tukang bengkel, Tibar dan Wais yang mangkal di Pertigaan Jalan Sukowati dan HM Arsyad B, tiba-tiba terjadi longsor yang menjurus ke sungai secara perlahan-lahan dan mengakibatkan beberapa pohon dan tanaman tumbang hingga menimpa satu unit kendaraan roda empat warna kuning dan hampir pula menimpa rumah penduduk, sehingga menyebabkan kemacetan, karena jalan terhalang oleh dahan-dahan pohon hingga ke tengah jalan.

Peristiwa naas itu, mengundang berkerumun warga sekitar kejadian dan tidak terlepas penjagaan dan penanganan para petugas dari anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), aparat kepolisian terdekat, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), dan petugas terkait lainnya dari unsur pemerintah.

Tak berselang lama kejadian, hadir Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Pangkajene, AKP Kamal Syam, S.Pdi, Komandan Rayon Militer (Danramil) Minasatene, Letu inf. M. Nawir, Kasat Pol-PP, Armada Pemadam Kebakaran (Damkar), Drs. H. Idris Sira, MM, dan Lurah Paddoang-Doangan, Ilham.

Saat ditemui di lokasi kejadian, Lurah Paddoang-Doangan kepada wartawan mengatakan, di awal musim hujan, daerah Paddon-Doangan setiap tahun rawan banjir dan longsor, karena tanahnya labil. “Jadi kami antisipasi supaya warga siap siaga, ada melaporkan kejadian kepada kami dan sekarang kami dibantu oleh Satuan Polisi Pamong Praja, Damkar, dan teman-teman dari Badan Penanggulangan Bencana,” ujar Ilham.

Lanjut Ilham, kejadian sejak dluhur tadi dan ini ada berapa pohon yang tumbang serta menutup arus lalu lintas. “Jadi kami antisipasi lalu lintas, kami tutup sementara untuk hari ini,
Alhamdulillah tidak terjadi korban jiwa dan hingga saat ini kami belum sempat menghitung berapa besar kerugian yang ditimbulkan,” imbuh Ilham.

Sementara menurut Kasat-Pol PP, Drs HM Idris Sira atas kejadian ini pihaknya menghimbau kepada semua warga masyarakat, agar lebih waspada dan hati-hati di dalam melintas area sekitar sini serta berharap kepada semua aparat perangkat terkait kiranya segera datang dan turun tangan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)nya masing-masing untuk membantu secepatnya menangani kejadian seperti sekarang ini.

Diungkapkan Idris, dari kabar yang diperoleh bahwa, beberapa dinas dan badan terkait yang dihubunginya telah mengerahkan para petugasnya dan barusan ada penyampaian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mereka sudah dalam mengerahkan aparatnya datang ke tempat kejadian.

Pewarta : Andi Baso Pangkep
Editor : Loh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *