𝐍𝐀𝐒𝐈𝐎𝐍𝐀𝐋

Sejumlah Julukan Indonesia oleh Negara Lain

Jakarta, Jurnalsepernas.id – INDONESIA merupakan salah satu negara berpengaruh di dunia.
Dilansir laman resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia, Indonesia mempunyai posisi tawar yang cukup besar dalam pengambilan keputusan terkait isu-isu bilateral, regional, dan isu-isu global.

Oleh karena itu, tak ayal jika Indonesia banyak diberi julukan unik oleh negara-negara di berbagai belahan dunia.

Penasaran apa saja julukan Indonesia yang diberikan dunia? Berikut ulasannya di bawah ini:

Zamrud Khatulistiwa

Salah satu julukan Indonesia yang sudah tidak asing lagi di telinga kita adalah Zamrud Khatulistiwa. Julukan ini diberikan dunia karena letak geografis Indonesia yang berada tepat di garis khatulistiwa.

Oleh karena itu, Indonesia menjadi negara yang terkena sinar matahari secara langsung dan terus menerus. Hal ini membuat iklim di Indonesia berjenis tropis.

Negara Multikultural

Dilansir jurnal berjudul Multicultural Education In Indonesia: Characteristics And Urgency, Indonesia dijuluki sebagai Negara Multikultural. Sebab, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keragaman budaya yang tinggi.

Tercatat, Indonesia mempunyai 300 kelompok etnis dan 200 bahasa. Selain itu, Indonesia juga mengakui lima agama berbeda, yakni Islam, Hindu, Budha, Kristen, dan Katolik. Semua keragaman ini bersatu padu dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Paru-Paru Dunia

Indonesia juga diberi julukan Paru-Paru Dunia. Julukan ini diberikan karena Indonesia mempunyai kawasan hutan hujan tropis yang luas. Menurut World Resources Institute (WRI), sebagian populasi hutan hujan tropis di dunia tersebar di Indonesia.

Indonesia menempati peringkat ke-3 sebagai negara dengan hutan hujan tropis terluas di dunia setelah Brasil dan Republik Demokratik Kongo yang masing-masing ada di peringkat ke-1 dan ke-2.

Negeri Seribu Candi

Selain Zamrud Khatulistiwa, Negara Multikultural, dan Paru-Paru Dunia, Indonesia juga terkenal dengan julukan Negeri Seribu Candi. Julukan ini diberikan karena Indonesia punya banyak candi yang tersebar di seluruh pulau.

Dilansir laman resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia, Indonesia punya lebih dari 1000 candi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Negeri Seribu Pulau

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia tentu punya deretan pulau yang banyak. Oleh karena itu, selain dijuluki Negeri Seribu Candi, Indonesia juga dijuluki Negeri Seribu Pulau.

Dilansir laman resmi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Indonesia kini memiliki 17.504 pulau. Dari jumlah tersebut, ada tiga provinsi dengan jumlah pulau paling banyak. Tiga provinsi tersebut, yakni Provinsi Kepulauan Riau (2.408 pulau), Provinsi Papua Barat (1,945 pulau), dan Provinsi Maluku Utara (1,474 pulau).

Surga Dunia

Indonesia juga terkenal dengan julukan Heaven on Earth. Sebab, Indonesia dianggap sebagai negara yang punya daya pikat akan keindahan alam dan keindahan destinasi wisatanya.

Bahkan, dilansir laman resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia, pada 2022 lalu, Indonesia juga pernah dinobatkan sebagai negara terindah di dunia. Saat itu, Indonesia mengalahkan Selandia Baru dan Kolombia yang masing-masing ada di peringkat ke-2 dan ke-3.

Negara Megabiodiversitas

Indonesia punya keanekaragaman hayati yang tinggi. Dilansir laman resmi Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF), negeri ini punya keanekaragaman hayati terbesar ke-2 di dunia.

Tercatat, Indonesia punya 25% spesies dunia, 3.429 jenis ikan air laut, dan 39% jenis ikan karang. Oleh karena itu, Indonesia dijuluki Negara Megabiodiversitas. (Sumber: Viva Sports).

Pewarta/Editor: Loh

Laode Hazirun

Ketua Umum Jurnal Sepernas."Sepernas satu2nya organisasi pers dari Indonesia timur yg merancang UU Pers tahun 1998 bersama 28 organisasi pers" HP: 0813-4277-2255

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *