๐„๐Š๐Ž๐๐Ž๐Œ๐ˆ- ๐๐ˆ๐’๐๐ˆ๐’

Masyarakat Hane Butuh Air Bersih

Soe, Jurnalsepernas.id – AIR bersih merupakan kebutuhan vital bagi umat manusia untuk melangsungkan hidupnya buat minum, mandi, memasak, dan mencuci, supaya hidup sehat.

IMG 20220909 WA0024 Jurnal Sepernas

Apa artinya suatu pemukiman penduduk tanpa persediaan air bersih, tentu masyarakat akan sengsara, sebab salah satu kebutuhan utama dalam hidup mereka ada yang kurang, sehingga pemerintah berkewajiban mencarikan solusi pengadaannya, sebab masyarakat sudah membayar pajak setiap tahun bagi kelangsungan pembangunan negara ini.

Sungguh miris negara tercinta ini sudah menikmati kemerdekaan 77 tahun, namun masih ada wilayah atau desa yang tidak memiliki persediaan sumber air bersih. Tentu mengundang pertanyaan. Apakah penguasa daerah tersebut, tidak sungguh-sungguh melayani warganya membangun instalasi air bersih yang berguna bagi hajat orang banyak?

Menengok adanya permasalahan tentang kebutuhan air bersih tersebut, awak media ini mencoba menelusuri sebuah desa yang masyarakatnya mengeluhkan tidak adanya persediaan air bersih adalah Desa Hane, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).

IMG 20220909 WA0034 Jurnal Sepernas

Awak Jurnalsepernas.id, Yoseph Meol dan Marselus Nuban bertemu dan berbincang dengan salah seorang Tokoh Masyarakat (Tomas) Desa Hane, Jermias, Kamis (08/09) memaparkan, dari 1995 sampai 2022 masyarakat mengalami ada kesulitan mendapatkan air bersih, kecuali musim penghujan baru mereka menadah berbagai wadah untuk menampung air hujan yang turun dari langit, (Memiriskan hati, bukan, red.).

Masyarakat Desa Hane, Dusun Dua yang sangat merindukan adanya air bersih, melalui Jermias memohon pemerintah pusat dan daerah, baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) TTS maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT, agar segera merealisasikan pembangunan instalasi air bersih, supaya masyarakat Desa Hane bisa hidup damai dan sentosa sebagaimana kehidupan masyarakat desa lainnya di Indonesia demi realitas pemerataan pembangunan nasional yang menyentuh hajat orang banyak sebagaimana amanah Undang-Undang Dasar 1945 dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945. Merdeka!!!

Pewarta : Yoseph Meol/Marselus Nuban
Editorย  ย  : Loh

๐‘๐”๐’๐Œ๐ˆ๐

๐Š๐ž๐ญ๐ฎ๐š ๐ˆ๐ˆ ๐ƒ๐ž๐ฐ๐š๐ง ๐๐ข๐ฆ๐ฉ๐ข๐ง๐š๐ง ๐๐ฎ๐ฌ๐š๐ญ ๐’๐ž๐ซ๐ข๐ค๐š๐ญ ๐๐ž๐ซ๐ฌ ๐‘๐ž๐Ÿ๐จ๐ซ๐ฆ๐š๐ฌ๐ข ๐๐š๐ฌ๐ข๐จ๐ง๐š๐ฅ (๐ƒ๐๐- ๐’๐„๐๐„๐‘๐๐€๐’) ๐๐š๐ง ๐Š๐จ๐ซ๐๐ข๐ง๐š๐ญ๐จ๐ซ ๐๐š๐ฌ๐ข๐จ๐ง๐š๐ฅ (๐Š๐Ž๐‘๐๐€๐’) ๐Œ๐ž๐๐ข๐š ๐‚๐ž๐ญ๐š๐ค ๐๐š๐ง ๐Ž๐ง๐ฅ๐ข๐ง๐ž, ๐‘ฑ๐’–๐’“๐’๐’‚๐’๐’”๐’†๐’‘๐’†๐’“๐’๐’‚๐’”.๐’Š๐’…- ๐Œ๐„๐๐†๐”๐๐†๐Š๐€๐ ๐…๐€๐Š๐“๐€ ๐“๐€๐๐๐€ ๐๐€๐“๐€๐’ , ๐Œ๐ž๐ฅ๐š๐ฅ๐ฎ๐ข ๐ˆ๐ง๐ฏ๐ž๐ฌ๐ญ๐ข๐ ๐š๐ฌ๐ข ๐๐š๐ง ๐Œ๐จ๐ง๐ข๐ญ๐จ๐ซ๐ข๐ง๐  Telepon: 082332930636 / 082312911818.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *