ππ‘π„π€πŠπˆππ† 𝐍𝐄𝐖𝐒

Takalar Raih Predikat Kabupaten Inovatif

Humas, 14 Desember 2023

Takalar, Jurnalsepernas.id – KABUPATEN Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali mempertahankan predikat sebagai Kabupaten Inovatif dalam pengukuran dan penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID) yang dilakukan oleh BSKDN Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) untuk Tahun 2023.

Capaian ini kembali mengulangi kesuksesan selama tiga tahun berturut-turut sejak 2021. Setelah kurang lebih dua tahun dalam kategori kurang inovatif pada tahun 2019 dan 2020. Pada tahun 2023 ini Kabupaten Takalar memperoleh nilai 49,96 dengan kategori Inovatif yang juga menempatkan Takalar pada urutan 6 besar regional Sulawesi Selatan setelah Kota Makassar, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Kota Pare-Pare, Kota Palopo, dan Kota Luwu Timur (Lutim).

Capaian yang diraih ini tidak lepas dari bimbingan dan arahan Penjabat (Pj) Bupati Takalar, Dr. Setiawan Aswad, M. Dev. Plg dengan membuat program-program inovatif yang telah dilaksanakan oleh Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Takalar.

“Kabupaten Takalar berhasil mendapat predikat Inovatif’ dalam penilaian Indeks Inovasi Daerah tahun 2023. Capaian ini tentu, karena kerja-kerja bersama dalam menumbuhkembangkan budaya inovasi pada Perangkat Daerah Kabupaten Takalar. “Kami berkomitmen penuh untuk mendukung munculnya inovasi-inovasi pada pelayanan publik di Takalar,” ujar Setiawan.

Setiawan menambahkan, dengan inovasi yang dilakukan, dapat mempercepat tercapainya tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam meningkatkan pelayanan publik, meningkatkan kesejahteraan masyararat dan daya saing daerah.

“Saya berharap, pada penilaian indeks tahun berikutnya, Kabupaten Takalar kembali dapat menyampaikan inovasi terbaiknya sehingga ranking inovasinya dapat ditingkatkan,” harap Setiawan.

Sementara Kepala Badan Penelutian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Takalar, Drs. Rahmansyah Lantara, M. Si menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pj. Bupati Takalar atas komitmen kuatnya mendukung inovasi di Kabupaten Takalar.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan aparatur atas dedikasinya, khususnya para inovator yang berani ke luar dari zona nyaman dan berfikir out of the box dengan inovasinya. Bekerja melayani masyarakat Takalar. Kami optimis akan ada banyak inovasi yang muncul di Kabupateb Takalar di tahun-tahun mendatang,” beber Rahmansyah.

Lanjut Ia menjelaskan, beberapa inovasi unggulan Kabupaten Takalar juga telah diikutkan dalam berbagai kompetensi dan berhasil menorehkan prestasi dan penghargaan. Beberapa diantaranya telah diikutkan dalam event/perlombaan inovasi seperti; penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID), dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA) oleh Kemendagri, Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Prov. Sulsel dan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Nasional dan Kemebterian Prmberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). (Sumber: Humas Pemkab Takalar).

Pewarta: Abd Rauf Ampa
Editor : Loh

Laode Hazirun

Ketua Umum Jurnal Sepernas."Sepernas satu2nya organisasi pers dari Indonesia timur yg merancang UU Pers tahun 1998 bersama 28 organisasi pers" HP: 0813-4277-2255

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *