𝐏𝐄𝐍𝐃𝐈𝐃𝐈𝐊𝐀𝐍- 𝐁𝐔𝐃𝐀𝐘𝐀

Peserta KKNT UMN Gelar Seminar

Pangkep, Jurnalsepernas.id – MAHASISWA Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar (UNM) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Desa Pitusunggu, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten, Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Seminar mengenai program kerja berlangsung di Aula pertemuan Baruga Sayang, Desa Pitusunggu, Rabu (06/09).

IMG 20230907 WA0003 Jurnal Sepernas

Seminar ini dilaksanakan oleh peserta KKN Desa Pitusunggu yang berjumlah delapan orang yang dipimpin oleh Maghfirah sebagai ketua, Fadilah Nur Afni sebagai sekretaris, Siti Afifah fatinur, Bendahara dengan lima orang anggota personel lainnya.

Seminar tersebut, dihadiri para Kepala Dusun (Kadus), Ketua Rukun Kampung (RK), Ketua Rukun Tetangga (RT), aparat perangkap, dan staf desa dipimpin Sekretaris Desa (Sekdes), Nurchan.

Dalam kesempatan itu, Koordinator Desa (Kordes) KKN, Maghfira yang akrab disapa Fira ini mengatakan, mereka akan melaksanakan KKN Tematik dengan tujuan untuk sekaligus ingin bersilaturahmi dengan warga desa dan melaksanakan KKNT sebagai salah satu mata kuliah wajib yang harus mereka tempuh.

IMG 20230907 WA0002 Jurnal Sepernas

“Selain itu juga sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujar Fira.

Dikatakan Fira, adapun nanti akan ada berbagai program kerja yang akan dipresentasikan atas pengetahuan dan seizin pihak desa.

“Kami berharap, program kerja yang kami buat dapat bermanfaat bagi masyarakat desa ini pada umumnya dan pembelajaran bagi kami pada khususnya,” imbuhnya.

Sementara Kepala Sub Bagian (Kasubag) Umum dan Pemerintahan, Rustan mewakili Camat Ma’rang dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung selama empat bulan di Desa Pitusunggu yang hari ini giliran Tim Desa Pitusunggu melaksanakan seminar.

Menurut Rustan, sekarang sudah ada hasil observasinya tinggal dikawal oleh timnya masing-masing, tentunya bersama warga demi manfaat yang positif.

Sementara M. Yunus mewakili Kepala Desa (Kades) Pitusunggu menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya dari Bu Kades yang tidak sempat hadir pada kesempatan ini, karena sedang mendampingi Tim Inspektorat yang datang melakukan pemeriksaan di desa ini.

Kuliah Tematik ini menurut Yunus, tentunya sudah ada program kerja yang akan dilaksanakan dan diterapkan di desa ini. ‘Nah kalau itu di bidang kesehatan sebaiknya diadakan kegiatan senam, karena di desa ini ada kegiatan senam dan kerja bakti yang dilaksanakan secara rutin,” papar Yunus.

Di tempat yang sama, ada sepatah kata dari Koordinator Kecamatan (Korcam), Andi Imamul Akhyar berharap, agar teman-teman KKN bisa berdampak baik di Desa Pitusunggu ini dan terdapat hubungan baik antara masyarakat dan anggota KKNT di desa ini.

Usai tiap bidang dari anggota Tim KKN Tematik mempresentasikan materinya masing-masing, diadakan dialog yang hangat mengangkat dan membicarakan masalah Applicant Tracking System (ATS), kerja bakti gotong royong, pemasaran dari produk ikan bandeng tanpa tulang, dan produksi lainnya yang berasal dari Desa Pitusunggu ini. (Sumber: Humas Pemkab Pangkep).

Pewarta: Andi Baso
Editor : Loh

𝐑𝐔𝐒𝐌𝐈𝐍

𝐊𝐞𝐭𝐮𝐚 𝐈𝐈 𝐃𝐞𝐰𝐚𝐧 𝐏𝐢𝐦𝐩𝐢𝐧𝐚𝐧 𝐏𝐮𝐬𝐚𝐭 𝐒𝐞𝐫𝐢𝐤𝐚𝐭 𝐏𝐞𝐫𝐬 𝐑𝐞𝐟𝐨𝐫𝐦𝐚𝐬𝐢 𝐍𝐚𝐬𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥 (𝐃𝐏𝐏- 𝐒𝐄𝐏𝐄𝐑𝐍𝐀𝐒) 𝐝𝐚𝐧 𝐊𝐨𝐫𝐝𝐢𝐧𝐚𝐭𝐨𝐫 𝐍𝐚𝐬𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥 (𝐊𝐎𝐑𝐍𝐀𝐒) 𝐌𝐞𝐝𝐢𝐚 𝐂𝐞𝐭𝐚𝐤 𝐝𝐚𝐧 𝐎𝐧𝐥𝐢𝐧𝐞, 𝑱𝒖𝒓𝒏𝒂𝒍𝒔𝒆𝒑𝒆𝒓𝒏𝒂𝒔.𝒊𝒅- 𝐌𝐄𝐍𝐆𝐔𝐍𝐆𝐊𝐀𝐏 𝐅𝐀𝐊𝐓𝐀 𝐓𝐀𝐍𝐏𝐀 𝐁𝐀𝐓𝐀𝐒 , 𝐌𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐈𝐧𝐯𝐞𝐬𝐭𝐢𝐠𝐚𝐬𝐢 𝐝𝐚𝐧 𝐌𝐨𝐧𝐢𝐭𝐨𝐫𝐢𝐧𝐠 Telepon: 082332930636 / 082312911818.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *