Ekonomi - Bisnis

P3A Sappaya Giat Bangun Irigari

Takalar, Jurnalsepernas.id – DESA Kalenna Bontongape berada di wilayah kerja Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan yang di huni empat dusun yaitu; Dusun Pa’janngengan, Dusun Sapiria, Dusun Kampung Parang, dan Dusun Bontongape yang mayoritas masyakatnya menggantungkan hidupnya di bidang agraris atau pertanian.

Masyarakat Desa Kalenna Bontongape yang berkecimpung bidang agraris ini erat kaitannya dengan sumber air untuk mengairi sawah-sawah mereka. “Patutlah bersyukur, sebab tahun ini pemerintah telah menggulirkan bantuan untuk pembangunan irigasi melalui tim Pelaksana Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Sappaya dengan tujuan, agar masyarakat petani dapat lebih mudah mengakses air mengalir ke sawah mereka,” ujar sekretaris P3A Sappaya, Yusuf Erang saat tim media bertandang di kediamannya, Jumat (23/04).

Lanjuk Yusuf Erang berharap, dengan hadirnya pembangunan irigasi sepanjang 300 meter di Dusun Bontongape, dia mengajak bersama-sama menjaga, merawat, dan melestarikannya, agar irigasi yang sudah terbangun dapat terpelihara demi kepentingan bersama.

Dengan adanya irigasi tersebut, dapat dikatakan masyarakat petani dapat bernafas lega dan tidak bersusah paya lagi dalam mengaliri air ke sawah merekaml. “Juga perekonomian para petani terbilang dapat meningkat dengan hadirnya pembangunan irigasi yang di laksanakan oleh pihat P3A Sappaya yang ada di Desa Kalenna Bontongape,” imbuhnya.

Ditambahkannya, pelaksanaan pembangunan irigasi tersebut, pihaknya senantiasa melibatkan masyarakat yang ada di Desa Kalenna Bontongape. “Selain itu kami juga akan berupaya mengoptimalkan anggaran yang kami kelola, agar pembangunan tersebut dapat berkualitas sesuai dengan harapan bersama dengan tetap merujuk pada Petunjuk Teknis (Juknis) yang ada,” pungkasnya sambil mengakhiri perbincangannya pada tim media Jurnalsepernas.id.

Pewarta: A.Dg Kulle/MRS
Editor : Loh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *