ππ€π’πˆπŽππ€π‹

Jokowi Resmikan Bendungan Pamukkulu Takalar

Pattallassang, Jurnalsepernas.id β€” PRESIDEN Republik Indonesia, Joko Widodo yang kerap disapa Jokowi meresmikan Bendungan Pamukkulu di Desa Kale Ko’mara, Kecamatan Polongbangkeng Utara (Polut), Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (05/07).
Ini adalah merupakan bendungan ke tiga di Sulsel yang diresmikan Jokowi selama menjabat presiden.

Usai peresmian, Jokowi memberikan sambutan mengingatkan betapa pentingnya air bukan saja untuk keperluan sehari-hari, melainkan juga untuk pertanian. Terlebih dalam menghadapi ancaman perubahan iklim dan kekeringan panjang.

“Saya mengharapkan, bendungan ini dapat bermanfaat dalam menaikkan produktivitas pertanian sekitar,” harap Kepala Negara dua periode ini.

Untuk diketahui, Bendungan Pamukkulu dirancang sejak 2017, memiliki daya tampung 82 juta meter kubik dan luas genangan 460 hektare dengan ketinggian 66,50 meter dab lebar 8 meter yang menelan anggaran Rp 1,6 triliun dalam pembangunan embung ini.
1316373 720 Jurnal Sepernas
Kepala Negara mengatakan, ini adalah bendungan yang besar dan menghabiskan biaya yang juga sangat besar sekali, tetapi nanti dilihat manfaatnya, juga akan sangat besar sekali. Terutama untuk masyarakat di Kabupaten Takalar.

Jokowi mengharapkan bendungan ini akan berdampak untuk air baku–baik untuk pembangkit tenaga listrik. Mantan Walikota Solo ini juga meyakini waduk ini bisa mereduksi banjir.

β€œYang paling penting adalah untuk irigasi kita, mengairi sawah yang ada di Kabupaten Takalar dan sekitarnya,” imbuh Jokowi, yang secara hybrid, juga membuka Pasar Tempe Sengkang.

Peresmian bendungan ini merupakan agenda terakhir Jokowi di Sulawesi Selatan. Rencananya eks Gubernur Jakarta ini akan lepas landas ke Ibu Kota Jakarta.

Presiden Jokowi dan rombongan bertolak ke Sulawesi Selatan, pada Kamis, (04/07) di mana hari pertama kunjungan kerjanya telah mengunjungi sejumlah titik di Kabupaten Bone sebelum ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sinjai.

Pada hari ke dua kunjungannya di Sulsel, Jokowi mengawali dengan melawat ke Pasar Cekkeng, Kabupaten Bulukumba. Jokowi juga akan meninjau pemberian pompa kepada para petani di desa Layoa, Kabupaten Bantaeng, lalu terakhir peresmian Bendungan Pamukkulu.

Pewarta: Abd Rauf Ampa
Editor : Loh

Laode Hazirun

Ketua Umum Jurnal Sepernas. "Sepernas satu2nya organisasi pers dari Indonesia timur yg merancang UU Pers tahun 1998 bersama 28 organisasi pers" HP: 0813-4277-2255

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *