Breaking News

Tahun Depan, NDH Bakal Benahi Pusat Ibu Kota Kecamatan

Limboto, Jurnalsepernas.id – KEPEMIMPINAN Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Nelson Pomalingo dan Hendra Hemeto (NDH), sejak awal dilantik sudah memiliki visi-misi peningkatan pembangunan dua kali lebih baik. Karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo di bawah kepemimpin NDH bakal melakukan penataan dan pembenahan infrastruktur wilayah kecamatan.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, Pemkab Gorontalo mulai tahun depan telah merencanakan bakal menggelontorkan anggaran menata infrastruktur masing-masing pusat kecamatan.

“Tahun depan kita punya target akan ada anggaran untuk menata ibu kota kecamatan,” kata Nelson, saat membuka rapat bersama Paguyuban Forum Komunikasi antarcamat se Kabupaten Gorontalo, Rabu (18/08).

Karena itu, kata Nelson, sudah ada yang dimulai tahun ini, contoh jalan dan sebagainya. “Kita akan melakukan penataan ibu kota kecamatan, jangan desanya bagus, Ibu Kota kecamatan ketinggalan. Jadi, akan ada anggaran khusus penataan kantor, mungkin juga pembuatan tamannya, lapangan, dan seterusnya,” tu kasnya.

Termasuk kata Nelson, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) akan diperkuat dan tahun ini akan lahir kelompok kerja pengembangan ekonomi rakyat. “Karena, selama ini kita di kecamatan itu yang menangani ketertiban dan keamanan ada yaitu Kepolisian Sektor (Polsek) dan Komando Rayon Militer (Koramil),” imbuh Nelson, sembari menambahkan, bicara Kesehatan ada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Pendidikan ada Kordinator Wilayah (Korwil), bicara soal agama ada Kantor Urusan Agama (KUA), dan bicara pemerintahan ada Kantor Camat. “Tapi bicara ekonomi sepertinya tidak ada, padahal ekonomi ini dibutuhkan.

Karena itu, BPP selain pertanian, peternakan diperkuat di sana, kita ingin ada perwakilan koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Mungkin juga, perdagangan dan perindustrian. Jadi, bicara pasar bakal ada juga di Kecamatan termasuk Kredit Usaha Rakyat (KUR), bulan depan mulai berkantor disana,” jelas Nelson.

Lanjut Nelson, jadi, orang tidak perlu ke Bank dan sebagainya, tapi di sana akan ada KUR pertanian, peternakan, jagung dan sebagainya informasinya sudah ada di wilayah kecamatan. Sehingga akan ramai BPP.

“Selama ini BPP itu sunyi, maka kita akan dorong ekonomi rakyat lewat ini,” ungkap Nelson.

Bupati dua periode itu menambahkan, di era Corona Virus Disease 19 (Covid-19), ada dua yang didorong yakni; kesehatan dan ekonomi rakyat. Karena itu ada namanya pemulihan ekonomi. “Penataan kecamatan ini akan diperkuat tahun depan,” pungkas Nelson.

Pewarta : Sirajuddin Luma
Editor : Loh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *