Ekonomi - Bisnis

Sosok Petani Sukses Didik Anak

Mbay, Jurnalsepernas.id – SEMUA ayah pasti berusaha membangun keluarga harmonis berkecupan dan sukses mengantar anak-anaknya dalam dunia pendidikan hingga bekerja sesuai impian dan harapannya. Tapi terkadang, tidak semua orang tua atau ayah meraih apa yang inginkannya disebabkan berbagai faktor yang menghambatnya antara lain kesehatan dan keterbatasan fisik.

Jika menilik kegigihan seorang ayah yang sukses, dia adalah mendiang Yosef Wawo Pao, warga Desa Witu Rimba Ua, Kecamatan Keo Tengah, Kabupaten Nagekeo,
Nusa Tenggara Timur (NTT), sebelum meninggalkan dunia fana sudah bekerja keras mengolah perkebunan dengan berbagai jenis tanaman produktif untuk menopang keluarganya.

Berkat keuletan dan kegigihannya bercocok tanam, lahan perkebunan yang dikelolanya ditanami dengan cengkeh, pala, kakao, lada, kelapa, kopi, pinang, dan kemiri.

Hasil dari perkebunan yang produktif tersebut, meluarga Pao dapat mengencam dan menyelesaikan pendidikan mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Perguruan Tinggi (PT) dan bekerja pada instansi pemerintah, salah seorang puteranya adalah Yoakim Pao yang sudah purba bakti di Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), NTT dan saat ini menjadi Kepala Biro (Karo) Media Jurnalsepernas.id Kabupaten Ngada, NTT yang sempat berbincang-bincang dengan Kepala Perwakilan Jurnalsepernas.id Provinsi Nusa Tenggara Timur, Yoseph Meol Minggu (21/08)

.

Menurut Yaokim Pao, keberhasilan mereka bersaudara menikmati pendidikan hingga bekerja pada instansi pemerintah berkat hasil kerja keras sang ayah yang berilmu pengetahuan sederhana, namun mampu memperbaiki ekonomi keluarga dan sukses menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang lebih tinggi meraih sarjana.

Hal itu dapat memberi inspirasi dan contoh bagi ayah-ayah yang di negeri ini, khususnya bagi warga Kabupaten Nagekeo, NTT dalam bercocok tanam dan mendidik anak.

Pewarta: Yoseph Meol
Editor : Loh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *