Suara Rakyat

Perempuan Bisa Juga Bertani

Sengkang, Jurnalsepernas.id – HIDUP sebagai petani bukan suatu pekerjaan terhina, malah tergolong nmulia, karena dapat menyediakan bahan pangan bagi masyarakat lainnya. Menyadari hal itu, banyak wanita atau ibu-ibu di Dusun Tosiang, Desa Bila, Kacamatan Sabbang Paru, Kabupaten Wajo, Sulawesi-Selatan (Sulsel) yang bekerja sebagai petani saat bincang-bincang dengan salah seorang petani wanita, Saira, Senin (12/07) di kediamannya Dusun Tosiang.IMG 20210712 WA0026 Jurnal Sepernas

Dengan penuh semangat warga Dusun Tosiang, hidup bertani, khususnya petani persawahan, namun yang menjadi istimewa karena sebagian dilakukan oleh ibu-ibu yang tidak kalah dengan laki-laki cara mengelola sawah mereka.

Sebagaimana yang di ungkapkan oleh salah satu warga pemilik sawah, Saira,ini yang ditemui awak Jurnalsepernas.id mampu bekerja sawah layaknya seperti laki- laki. “Kami perempuan bisa juga mengolah sawah seperti laki-laki,” ungkap Saira dengan kata yang lantang penuh semangat.IMG 20210712 WA0027 Jurnal Sepernas

Lanjut Saira, dirinya memang perempuan, tapi mampu melakukan apa yang dilakukan oleh laki laki. “Karena kami sudah terbiasa dengan cara seperti ini,” paparnya.

Ditambahkannya, semua pekerjaan itu mudah bila mau melakukannya. “Yang penting harus membiasakan diri, dan punya semangat yang kuat,” pungkasnya.

Pewarta : Hj.Rahmawati
Editor. : Rusmin

RUSMIN

Ketua II Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pers Reformasi Nasional (DPP-SEPERNAS) Kordinator Nasional ( KORNAS) Media Cetak dan Online, Jurnalsepernas.id. Mengungkap Fakta Tampa Batas dengan melalui investigasi dan monitoring Telepon: 082332930636 / 082312911818.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *