Ekonomi - Bisnis

Ngada Surga Kecil di NTT

Bajawa, Jurnalsepernas.id РNGADA adalah sebuah kabupaten yang terletak di bagian tengah pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan ibukota Bajawa. Luas wilayah 1.621 km² dengan jumlah penduduk 162.299 jiwa. Kabupaten Ngada memiliki tiga suku besar, yaitu Suku Nagekeo, Suku Bajawa dan Suku Riung. Kabupaten ini digelar pula dengan nama daerah panasbumi yang sudah memasok listrik yang disebut, Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) Mataloko.

IMG 20220122 WA0001 Jurnal Sepernas

Tak keliru bila penulis menggambarkan Kabupaten Ngada sebagai surga kecil di NTT, karena suatu yang patut diketahui dan dipublikasikan kepada khalayak untuk melancong di daerah yang terdapat keunikakan perkampungan tradisional dan berbagai panorama alam menarik sebagai obyek wisata yang layak dikunjungi.

IMG 20220122 WA0002 Jurnal Sepernas

Salah satu obyek wisata yang masih mempertahankan warisan leluhur adalah perkampungan tradisional Bena. Bentuk bangunannya megalitik yang eksotis berjajar indah dengan latar belakang panorama gunung yang menjulang.

IMG 20220122 WA0004 Jurnal Sepernas

Bila berkunjung di kampung tradisional Bena, kita akan disambut penduduknya yang ramah tamah, disana masih mempertahankan budaya tenun secara tradisional yang turun temurun dan ada komoditas kemiri dan kopi, jadi bila kita menikmati kopi di kampung ini sama halnya kita minum kopi tradisional Bena.

Sementara alamnya dihiasi panorama yang tidak kalah dengan obyek wisata lainnya di Indonesia. Adalah Gunung Inerie salah satu gunung berapi di NTT juga mempunyai cerita legenda sang putri menolak cinta seorang pemuda.

IMG 20220122 WA0003 Jurnal Sepernas

Obyek wisata lainnya adalah bukit Wolobobo, kita akan disuguhkan pemandangan alam yang indah, gunung-gunung dan lembah dibalut rerumputan hijau bak sabana yang menawan. Berada dipuncak bukit ini, kita seolah-olah berada di atas awan.

Pengunjung ingin mandi-mandi, ada sungai Malanage yang mengalirkan dua sumber air yang hangat dan dingin terletak di Desa Dariwali, Kecamatan Jarebu’u, Ngada. Dan tidak kalah menarik wisata air terjun Ogi dengan ketinggian kurang lebih 30 meter yang juga panorama alamnya menyenangkan terletak di Desa Pape, Kecamatan Bajawa.

Kemudian wisata menarik lainnya adalah pemandian air panas Mangeruda, terletak di Desa Piga, Kecamatan Soa. Pemandian air panas ini banyak dikunjungi masyarakat untuk berendam sebagai terapi pengobatan. Kemudian ada taman wisata hewan mamalia komodo di Pulau Ontoloe Kabupaten Ngada, pengunjung dapat menyaksikan binatang komodo yang terlindungi itu. Kapan-kapan yaa Penulis dan Anda bisa berkunjung? (Sumber:  Wikipedia).

Pewarta/Editor: Loh

RUSMIN

Mengungkap Fakta Tampa Batas dengan melalui investigasi dan monitoring

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *