Hukum - Ham

Tim Lapas Pahuwato Cek Blok Hunian Napi

Marisa, Jurnalsepernas.id – BERDASARKAN putaran waktu, kini kita tengah berada di penghujung tahun 2022. Seluruh sektor sibuk mempersiapkan berbagai perayaan menjelang akhir tahun termasuk jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Hukim dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham-RI).

Sesuai arahan Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan dan Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Gorontalo, menjelang Perayaan Natal Tahun 2022 dan menyambut perayaan Tahun Baru 2023 (Nataru), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pohuwato, mulai memperketat pengamanan, baik pengamanan dalam maupun di sekitar wilayah lingkungan Lapas, termasuk memastikan seluruh blok hunian warga binaan dalam keadaan aman dan terkendali.

Tim Gabungan (Timgab) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) dan Regu Pengamanan yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Kamtib, Abdul Razak Suleman melakukan pengecekan di lingkungan Blok Hunian Lapas Pohuwato, Jumat (16/12/).

“Atas arahan pimpinan, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, kita lalukan giat deteksi dini atas potensi gangguan keamanan dan ketertiban. Adapun yang kita lakukan pengecekan adalah di Blok Hunian seluruh Warga Binaan, lingkungan pagar tembok dalam dan luar, lingkungan Dapur, Tempat Ibadah, juga Alat dan prasarana pemadam kebakaran (apar) serta sarana tempat mandi pun tak luput dari pemantauan kami,” ujar Razak.

Ketika ditemui di ruang kerjanya, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Pohuwato, Irman Jaya mengatakan, tak ada hal yang istimewa dan berlebihan dari sistem pengamanan dan ketertiban yang dilakukan menjelang Nataru tahun 2022 ini.

“Namun kami tegaskan bahwa, kami ingin memastikan perayaan natal dan tahun baru ini, dapat dirayakan secara aman dan tertib khususnya bagi umat yang merayakannya,” imbuh Razak.

Diakuinya, memang benar terjadi peningkatan trend kewaspadaan menjelang Nataru tahun ini, untuk itu pihaknya tidak ingin kecolongan atas hal-hal yang tidak diharapkan, seperti peredaran handphone, narkotika, serta barang-barang metal lainnya yang pasti tidak akan pernah kami tolerir.

“Olehnya sinergitas dan kekompakan giat di lapangan terutama dengan Aparat Penegak Hukum lainnya sangat dibutuhkn, dan semoga Nataru tahun ini dapat dilaksanakan secara aman, tertib, dan terkendali,” pungkasnya. (Sumber: Humas Lapas Pohuwato).

  • Pewarta: Dirman
    Editor : Loh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *