๐๐‘๐„๐€๐Š๐ˆ๐๐† ๐๐„๐–๐’

Pj Bupati Takalar Serahkan Sertifikat Tanah

Pattallassang, Jurnalsepernas.id – SEBAGAI bentuk perhatian pemerintah dalam memberikan alas hak kepemilikan aset, khususnya tanah bagi warga, Penjabat (Pj) Bupati Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Dr. Setiawan Aswad, M.Dev, Plg menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah kepada warga penerima manfaat dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan program Redistribusi Tanah (Radis).

 

Terkait program PTSL dan Rendis tersebut, penyerahan sertifikat tanahย diwakili 50 warga penerima manfaat pemilik sertifikat tanah yang dihadirkan di Kelurahan Rajayya, Kecamatan Polongbangkeng Selatan (Polsel), Jum’at (19/01).

Pj Bupati Takalar usai menyerahkan dalam sambutannya mengatakan, pada program PTSL penyerahan sertifikat tanah sebanyak 1.874 dan pada program Redis penyerahan sertifikat sebanyak 750 buah.

“Dengan adanya sertifikat ini, maka bisa dijadikan dasar yang kuat dalam kepemilikan, pengelolaan dan pemanfaatan lahan untuk peningkatan kesejahteraan warga. Jadi masyarakat yang sudah ada sertifikatnya, tidak lagi merasa khawatir, karena sudah mempunyai pegangan yang kuat,” ujar Setiawan.

Lanjut Setiawan mengatakan, kepemilikan sertifikat ini sangat penting, untuk menghindari adanya gugatan dari pihak lain. Semoga dengan adanya alas hak kepemilikan aset/sertifikat masyarakat dapat hidup tenang dan dapat bekerja dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan.

Sementara itu, Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN)
Kabupaten Takalar, Irvan Thamrin, ST., M.T.K. menyampaikan, penyerahan sertifikat tersebut merupakan program pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agraria dan Tata Ruang dan tentunya program ini tidak bisa berjalan tanpa adanya dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda).

“Pada tahun 2023 telah diterbitkan sertifikat program pemerintah sebanyak 5859 buah dan khusus untuk wilayah Kecamatan Polsel ada lima desa yang menerima program ini.

Menurutnya, untuk Kelurahan Bulukunyi sebanyak 1000 bidang, Desa Su’rulangi 144 bidang, Desa Cakura 730 bidang, Kelurahan Bontokadatto 500 bidang, dan di Kelurahan Pa’bundukang sebanyak 250 bidang. “Dan alhamdulillah tahun 2024 ini kami mendapat program sekitar 9000 sertifikat,” jelas Irvan.

Dalam penyerahan tersebut, hadir menyaksikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kepala Kepolisian Resor (Kapolres), Kamandan Distrik Militer (Dandim) 1426, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Sekretaris Kabupaten (Sekkab), Kepala BPN, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Takalar, Camat dan Lurah se-Kecsmatan Polongbangkeng Selatan serta masyarakat setempat. (Sumber: Humas Pemkab Takalar).

Pewarta: Abd Rauf Ampa
Editor : Loh

๐‘๐”๐’๐Œ๐ˆ๐

๐Š๐ž๐ญ๐ฎ๐š ๐ˆ๐ˆ ๐ƒ๐ž๐ฐ๐š๐ง ๐๐ข๐ฆ๐ฉ๐ข๐ง๐š๐ง ๐๐ฎ๐ฌ๐š๐ญ ๐’๐ž๐ซ๐ข๐ค๐š๐ญ ๐๐ž๐ซ๐ฌ ๐‘๐ž๐Ÿ๐จ๐ซ๐ฆ๐š๐ฌ๐ข ๐๐š๐ฌ๐ข๐จ๐ง๐š๐ฅ (๐ƒ๐๐- ๐’๐„๐๐„๐‘๐๐€๐’) ๐๐š๐ง ๐Š๐จ๐ซ๐๐ข๐ง๐š๐ญ๐จ๐ซ ๐๐š๐ฌ๐ข๐จ๐ง๐š๐ฅ (๐Š๐Ž๐‘๐๐€๐’) ๐Œ๐ž๐๐ข๐š ๐‚๐ž๐ญ๐š๐ค ๐๐š๐ง ๐Ž๐ง๐ฅ๐ข๐ง๐ž, ๐‘ฑ๐’–๐’“๐’๐’‚๐’๐’”๐’†๐’‘๐’†๐’“๐’๐’‚๐’”.๐’Š๐’…- ๐Œ๐„๐๐†๐”๐๐†๐Š๐€๐ ๐…๐€๐Š๐“๐€ ๐“๐€๐๐๐€ ๐๐€๐“๐€๐’ , ๐Œ๐ž๐ฅ๐š๐ฅ๐ฎ๐ข ๐ˆ๐ง๐ฏ๐ž๐ฌ๐ญ๐ข๐ ๐š๐ฌ๐ข ๐๐š๐ง ๐Œ๐จ๐ง๐ข๐ญ๐จ๐ซ๐ข๐ง๐  Telepon: 082332930636 / 082312911818.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *