Breaking News

Waspada Kanker Serviks Bagi Wanita

Jakarta, Jurnalsepernas.id – KEPUTIHAN yang tidak normal termasuk salah satu gejala awal kanker serviks yang perlu diwaspadai. Patut diketahui, setiap wanita usia subur biasanya mengalami keputihan. Tapi, kebanyakan wanita mengalami keputihan normal yang berwarna bening atau sedikit kekuningan, tidak berbau menyengat, dan tidak berlebihan.

Nah, untuk meningkatkan kewaspadaan pada salah satu penyakit penyebab kematian wanita ini, kenali beberapa ciri-ciri keputihan kanker serviks yang tak boleh disepelekan.

Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling sering menyerang wanita selain kanker payudara.

Jenis kanker ini cukup berbahaya, pasalnya sering tidak menunjukkan tanda-tanda kanker serviks yang khas, sehingga penderita terlambat ditangani. Dilansir dari Medanta, keputihan yang menjadi salah satu gejala awal kanker serviks bisa terjadi, ketika tumor ganas sedang terinfeksi kuman atau biang penyakit.

Selain itu, penderita kanker serviks di stadium lanjut juga bisa mengalami keputihan selama menjalani pengobatan seperti kemoterapi dan radioterapi.

Perawatan kanker terkadang juga menimbulkan efek samping yakni terjadi infeksi pada penderita kanker serviks.

Berikut lima ciri keputihan kanker serviks yang pantang disepelekan;
1. Keputihan berwarna merah muda atau kecokelatan,
2. Keluarnya lendir keputihan disertai sedikit darah atau flek volume,
3. Keputihan sangat banyak dan encer,
4. Keputihan disertai keluarnya jaringan sel-sel tumor yang sudah mati, dan 5. Keputihan baunya tidak sedap.

Jika wanita mengalami beberapa ciri-ciri keputihan kanker serviks di atas, segera lakukan pemeriksaan kesehatan. Terlebih jika wanita mengalami gejala kanker serviks lain seperti; haid sering tidak teratur, sering flek di luar jadwal haid, mengalami pendarahan padahal sudah menopause, kerap nyeri panggul, atau nyeri saat berhubungan seks.

Perlu diingat, penyebab keputihan belum tentu karena kanker serviks. Dilansir dari Healthdirect, penyebab keputihan tidak normal yang perlu diwaspadai lainnya yakni; Infeksi jamur pada vagina, Infeksi bakteri pada vagina, Penyakit menular seksual seperti gonore, dan trokomoniasis.

Wanita yang khawatir keputihan terkait kanker serviks atau masalah kesehatan lain sebaiknya berkonsultasi ke dokter, agar penyakit segera dievaluasi,
terutama ketika keputihan baunya amis dan warnanya tidak biasa. (Sumber: Healthdirect).

Pewarta/Editor: Loh

RUSMIN

Mengungkap Fakta Tampa Batas dengan melalui investigasi dan monitoring

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *