Ekonomi - Bisnis

Warna Seragam Baru Satpam Diluncurkan

Jakarta, Jurnalsepernas.id – SATUAN Pengamanan (Satpam) merupakan mitra kerja Kepolisian Relublik Indonesia (Polri) dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kantibmas) di kantor-kantor dan perusahaan swasta.

Sebagai Korps Satuan Pengamanan, tentu mereka harus memperlihatkan kostum ciri khas berupa pakaian seragam sebagai pembeda dengan karyawan lainnya yang sudah berkali-kali berubah.

Dilansir laman Hubungan Masyarakat (Humas) Polri, seragam baru untuk Satpam rencananya akan dipamerkan hari ini, Senin (31/01).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, peluncuran seragam itu bakal bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 Satpam.

“Tanggal 31 Januari ini rencananya akan digelar Hari Ulang Tahun Satpam ke-41, dan pada saat Hari Ulang Tahun Satpam tersebut akan diperkenalkan seragamnya,” kata Ramadhan.

Selain itu, Ramadhan juga menjelaskan, perubahan seragam Satpam itu hanya berlaku untuk bagian atas yang berganti warna menjadi krem. Sedangkan, bagian celananya tetap berwarna cokelat tua.

Adapun di jagad media sosial Tanah Air, telah beredar video yang membocorkan penampakan dari seragam baru satpam tersebut.

“Warna seragam baru Satpam 2022,” bunyi tulisan dalam video yang berdurasi 17 detik tersebut dan telah disukai oleh 93.000 lebih pengguna TikTok lainnya, hingga Minggu (31/1).

Melansir laman resmi Humas Polri, Ramadhan mengungkapkan, alasan perubahan warna seragam Satpam dari cokelat muda menjadi krem untuk menghilangkan kebingungan di masyarakat.

Pasalnya, menurut masyarakat, Satpam yang bagian atasnya berwarna cokelat muda itu terlalu mirip dengan seragam Polri.

Ramadhan juga menilai, Satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas, perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri.

Sebagai infromasi,perubahan seragam Datpam tersebut, akan diatur dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) yang efektif berlaku selama satu tahun sejak penerbitannya. (Sumber: Humas Mabes Polri).

Pewarta/Editor: Loh

RUSMIN

Ketua II Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pers Reformasi Nasional (DPP-SEPERNAS) Kordinator Nasional ( KORNAS) Media Cetak dan Online, Jurnalsepernas.id. Mengungkap Fakta Tanpa Batas dengan melalui investigasi dan monitoring Telepon: 082332930636 / 082312911818.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *