Pendidikan - Budaya

Umat Kristiani Rayakan Minggu Palem

Soe, Jurnalsepernas.id –  MINGGU Palem merupakan awal pekan suci bagi umat Kristiani. Hal ini dirayakan Umat Katolik sejagat sebagaimana pula umat Kristiani Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).
Tujuannya untuk mengenang kembali masa di mana Yesus kembali memasuki Yerusalem pada 2000 tahun silam.
Perayaan kali ini dirayakan pula oleh Rm.Ito Bari Pr bersama umat di Kapela Santo Nikodemus Oe’ue, Stasi Naukae, Desa Oe’ue,Kecamatan Kuatnana, Kabupaten TTS, Provinsi NTT, pada Minggu (10/04).
Perayaan itu dihadiri umat dari enam Kapela yang jumlanya ratusan orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Mereka sambil membawa daun palem di tangan sembari bernyanyi bersorak-sorai. “Hosana Putera Allah,” sebut mereka dalam pujian.
Pada perayaan tersebut, nampak arak-arakan sejauh 500 meter yang dihiasi dengan doa dan nyanyian yang meriah para hadirin.
Doa dalam renungan itu,  dibawakan oleh Romo Ito, bahwa bila orang berkata manis janganlah cepat di telan, begitupun sebaliknya, bila orang berkata pahit jangan juga cepat dibuang.
Hal ini adalah contoh nyata yang dialami oleh Sang penebus sendiri, di mana Ia di elu-elukan saat memasuki kotanya sendiri, tetapi kemudian Dia harus di hukum mati oleh orang-orang yang mengelu-elukan-Nya sendiri.
Pesan-Nya adalah berhati-hatilah dengan pujian, kalau pujian itu tulus, maka semuanya akan baik. Tetapi bila pujian itu tidak tulus dan tidak dari hati, maka semuanya akan berubah dalam sekejap mata.
Harapan salah seorang umat yang sempat diwawancarai awak Jurnalsepernas.id yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, semoga selamat pekan suci, dan lebih khusus lagi Trihari suci Umat kristiani selalu di berkati dengan rahmat Tuhan.
Pewarta: Yohanes Taemisa/
Marta Selan/Ansel Tefnai
Editor       : Loh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *