Nasional

Profil Polwan Pertama Jadi Kapolda

Jakarta, Jurnalsepernas.id – JABATAN Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) di Indonesia umumnya dijabat oleh pria. Bahkan sangat jarang Polisi Wanita (Polwan) bisa menembus pangkat jenderal. Namun ada sosok Polwan yang meraih pangkat bintang satu dipundak.
Dia adalah Brigadir Jenderal (Brigjen) Rumiah Kartoredjo merupakan Polwan pertama yang pernah menjabat Kapolda di Indonesia, yakni sebagai Kapolda Banten, Jawa Barat (Jabar).
Rumiah Kartoredjo boleh dibilang pelopor perkembangan karier Polwan di Indonesia. Diangkat sebagai Kapolda Banten, Rumiah telah mendobrak jalan bagi Polwan untuk mengembangkan karier struktural. Sebelumnya Polwan hanya mendapat tugas-tugas administratif. Selain jabatan struktural sebagai Kapolda, Rumiah merupakan Polwan pertama lulusan Sekolah Staf dan Komandan Angkatan Darat (Seskoad) dan Sekolah Perwira Tinggi (Sespati) Kepolisian Republik Indonesia (Polri).
Rumiah membuka jalan bagi Polwan untuk mengikuti pendidikan Sespati hingga ada yang mendapat promosi menjadi jenderal polisi. Seperti Irjen Pol Basaria Pandjaitan, Irjen Pol Sri Handayani, Brigjen Apriastini Bakti Bugiansri, Brigjen Pol Juansih, dan Brigjen Pol Ida Oetari.
Rumiah diangkat menjadi Kapolda Banten pada tahun 2008 menggantikan Brigjen Pol Timur Pradopo yang kala itu dimutasi menjadi Kepala Selapa Polri.
Sebelumnya, Rumiah lama bertugas di bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Polri. Pada tahun 2004, Rumiah menjabat Kepala Bagian Produksi dan Dokumentasi Devisi Humas Polri hingga tahun 2006.
Ia kemudian dipindah tugaskan menjadi Sekretaris Lembaga Pendidikan Polri. (Sumber: Ikatan Jurnalis Kepolisian).
Pewarta/Editor: Loh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *