Kesehatan

Gatal, Tanda Diabetes Sangat Tinggi

Jakarta, Jurnalsepernas.id – DIABETES alias menyakit gula adalah kondisi kronis yang dikarakterisasikan dengan masalah produksi insulin.
Kehilangan mekanisme kontrol glukosa utama, kadar gula darah Anda bisa meningkat ke level yang membahayakan.
Untungnya, saat Anda mengetahui mengalami kondisi ini, Anda bisa menargetkan peningkatan gula darah ini dengan pengobatan atau diet dan membuatnya turun.
Aspek yang sulit dari diabetes adalah tanda peringatan awal yang cenderung ‘umum’. Tanpa mengetahui apa yang perlu diwaspadai, Anda bisa menjalani hidup bertahun-tahun tanpa mengetahui mengenai kondisi tersebut.
Berikut ini adalah gejala-gejala yang membantu Anda mengenali tanda diabetes. Diabetes adalah kondisi seumur hidup di mana kadar gula darah menjadi tinggi.
Hal paling mengerikan dari membiarkan kadar gula darah tidak tertangani adalah komplikasi yang bisa ditimbulkannya, mulai dari penyakit jantung hingga kerusakan saraf.
Untungnya, saat Anda bisa mengidentifikasi gejala Anda, termasuk tanda gatal, dan mendapat diagnosis, Anda bisa mengendalikan kondisinya melalui pengobatan dan modifikasi gaya hidup.
Semua orang pernah merasa gatal kapanpun, area dan penyebabnya adalah apa yang membuat gatal diabetes berbeda. Semua karena kadar gula darah tinggi. Karena insulin tidak bisa membawa gula dari darah, glukosa bisa menumpuk.
Saat Anda menderita gula darah tinggi selama periode yang lama, ini bisa menyebabkan kulit gatal. Selain itu, komplikasi diabetes, seperti kerusakan saraf atau penyakit ginjal, terkadang bisa menyebabkan gatal juga.
Area tubuh yang ‘umum’ di mana gatal bisa menyerang adalah kaki, tungkai, pergelangan kaki, demikian menurut portal diabetes.
Dikutip dari laman Express, NHS, badan kesehatan Inggris, menambahkan bahwa titik lain di mana pasien mengalami gatal adalah bagian intim mereka.
Mulai dari yang mengganggu hingga parah, rasa gatal itu harus menjadi alasan Anda menemui dokter, terutama jika gatal tidak hilang.
Karena gatal adalah tanda yang cukup umum, gejala diabetes lain bisa membantu Anda mengenali kondisi ini. Menurut NHS, gejala lainnya meliputi;
– Merasa sangat haus
– Buang air kecil lebih sering dari biasanya (khususnya di malam hari)
– Merasa sangat lelah
– Penurunan berat badan dan massa otot
– Sering muncul sariawan (infeksi jamur umum)
– Goresan atau luka sembuh  dengan lama
– Pandangan kabur
Anda harus menemui dokter segera jika mengalami gejala-gejala tersebut. Jika Anda belum mengetahuinya, ada dua tipe utama diabetes yaitu tipe 1 dan 2.
Diabetes tipe 1 bisa berkembang dengan cepat dalam hitungan minggu atau hari, sedangkan tipe 2 bisa muncul dalam tahunan tanpa Anda menyadarinya. Jika Anda didiagnosis dengan diabetes, Anda mungkin harus mengubah gaya hidup termasuk rajin diet dan berolahraga. (Sumber: Health Express).
Pewarta/Editor: Loh

RUSMIN

Mengungkap Fakta Tampa Batas dengan melalui investigasi dan monitoring

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *