Ekonomi - Bisnis

Pasutri Kelola Usaha dengan Modal Kecil

Soe,Jurnalsepernas.id-Sungguh mulia hati pedagang kaki lima (PKL) pasangan suami-isteri (Pasutri), Petronela Fios dan suaminya Maselinus Betty yang berdomisili Desa Nobi-Nobi, Kecamatan AmanubunTengah, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) membangun bahtera rumah tangga mereka penuh dengan kebahagiaan. Pasutri ini mengelola usaha dengan modal kecil yakni dengan berjualan kapur dan garam dapur di setiap pasar mingguan yang ada di wilayah kecamatan setempat dan sekitarnya.

Mereka memulai kisah ini sejak tahun 1998 silam dengan perjuangan dan kerja keras yang penuh kesabaran dan pergumulan yang panjang. Hasil keringat dari usaha mereka ini digunakan demi kebutuhan hidup sehari-hari dan juga mereka menyisihkan sedikit demi sedikit untuk membangun rumah permanen yang mereka impikan.

Sejak tahun 2000 Petronela jatuh sakit (ambeien), namun cinta dan kasih sayangnya pada keluarganya dijalaninya dengan sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan yang dialaminya, namun kelangsungan usahanya tetap dijalankan demi keluargan dan kebutuhsman anak-anaknya sambil mengerjakan rumah mereka.

Alhasil 2005, rumah yang diimpikan terwujud dan siap untuk mereka huni tanpa mengganggu eksistensi usaha mereka yang terus berjalan seperti biasanya bahkan menanjak mengalami kemajuan yang tak disangka, semakin laris dan makin banyak langganan dan hasilnya pun dapat menyekolahkan anak-anak mereka.

Hingga pada tahun 2018 mereka memperolah keuntungan dari usaha mereka yang besar dan keluarga yang hidup sederhana ini tambah bahagia dan perlahan keuntungan yang diperoleh bisa membeli sebuah sepeda motor yang dipergunakan anak-anaknya untuk bepergian ke sekolah dan kebutahan hidup lainnya dalam keluarga.

Hingga saat ini pasutri Petronela-Merselinus dan keluarga kecilnya hidup bahagia, aman, dan damai dalam selalu lindungan Yang Maha Kuasa. Selamat beraktivitas Bung!

Pewarta: Anselmus Tefnai
Editor. : Loh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *