Organisasi

Mahasiswa Gelar Festival Anak Shaleh

Sengkang, Jurnalsepernas.id- MAHASISWA Program Pembelajaran Khusus (PPH) Institut Agama Islam (IAI) As’adiyah Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan menggelar festival anak shaleh pada beberapa tempat selama bulan Ramadhan.

Mereka yang mengikuti Program PPH
adalah Mahasiswa pilihan dari utusan Desa masing-masing yang dibimbing untuk persiapan menjadi tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kegiatan festival anak shaleh ini diselenggarakan oleh mahasiswa semester IV sebagai bentuk implementasi dari proses pembelajaran selama dua tahun dan sebagai aktualisasi program kerja Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).

Mahasiswa PPH IAI As’adiyah Sengkang diutus dan dipulangkan ke masing-masing desa asal dan dibentuk beberapa kelompok untuk melaksanakan PPL selama bulan ramadan ini.

Beberapa kelompok telah melaksanakan dan membimbing anak-anak, remaja, majlis ta’lim bahkan orang tua yang masih kurang pada pengenalan huruf hijaiyah maupun syariat.

Kegiatan festival anak shaleh sebagai bentuk praktek dan evaluasi terhadap anak-anak dan remaja yang dikemas dengan reward atau penghargaan.

Seperti halnya pada Masjid Babul Hana Wirae Desa Lalliseng, Kecamatan Keera yang sukses menyelenggarakan festival anak shaleh tersebut.

Idrus Usman selaku ketua panitia pada kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk support. “Sekaligus tugas kami untuk memberikan bimbingan kepada adik-adik peserta agar senantiasa menjaga semangat belajarnya,” ujarnya.

Lanjut Idrus, semangat dan semarak bulan suci ramadhan kegiatan ini dapat menghadirkan peserta dari tiga kecamatan. “Diantaranya Sajoanging, Pitumpanua dan Keera sendiri,” imbuhnya.

Ditambahkannya, bimbingan yang mereka berikan kepada adik-adik peserta ataupun kepada ibu-ibu majlis ta’lim adalah bentuk pertanggung jawaban atas ilmu yang mereka dapat dalam kurun dua tahun selama proses pembelajaran khusus. “Setiap kegiatan yang dilaksanakan teman-teman PPH mendapatkan respon yang positif dan kunjungan oleh Rektor IAI As’adiyah Sengkang AG. Dr. H. Muh. Yunus Pasanreseng Andi Padi, M.Ag beserta dosen pembimbing masing-masing kelompok,” terangnya.

Sementara itu, Camat Keera Andi Ahmad Ridha, S.STP dalam sambutannya, merespon baik kegiatan mahasiswa dan juga menceritakan sedikit pengalaman bahwa dirinya juga salah satu alumni Sekolah Arab (sekolah agama) Atapange dulu.

Selanjutnya, Rektor IAI As’adiyah Sengkang AG. Dr. H. Muh. Yunus Pasanreseng Andi Padi, M.Ag dalam sambutannya memberikan selamat kepada mahasiswa atas terlaksananya program kerja yang telah disusun dan sedikit menguji para calon peserta dengan melihat dan mendengar bacaan serta gerakan lomba yang akan diadakan kemudian memberikan koreksi kepada anak-anak peserta yang salah.

Untuk diketahui setelah kegiatan festival anak shaleh yang dilaksanakan di Kecamatan Keera dan Sabbangparu. Selanjutnya festival ramadhan akan digelar secara umum di Masjid Raya Atapange Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel),Selasa (04/05).

Pewarta : Ria
Editor : Rusmin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *