Politik - Pemerintahan

Bupati Takalar Lantik Kades Topejawa

TakalarJurnalsepernas.id – SETELAH pesta demokrasi tingkat desa, tepatnya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak (17/11) Periode 2021-2027, Arman Siantang, S.Ip, Kepala Desa (Kades) terpilih Topejawa, Kecamatan Mangarabombang (Marbo), Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel) resmi dilantik tahap ke dua bersama 22 orang Kades terpilih lainnya oleh Bupati Takalar, H.Syamsari Kitta berlangsung di Baruga I Manindori Kantor Bupati Takalar, Senin (27/12).

Jadi seluruh Kades terpilih Kabupaten Takakar sebanyak 49 orang sudah dilantik semua termasuk Arman Dg.Siantang, Kades Tapejawa, Kecamatan Mangarabombang.

Dihadapan para Kades yang dilantik, Syamsari Kitta mengawali sambutannya dengan menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah menyukseskan pelaksanaan Pilkades serentak, sehingga berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dalam kesempatan itu Syamsari berpesan, tugas khusus kepala desa dan Ketua Tim Penggerak Kejahteraan Keluarga (TP-PKK) adalah meneruskan hingga pada angka 100 persen capaian vaksinasi pada masing-masing desanya.

Lanjut Syamsari, sementara tugas ke dua kepada para Kades yang terpilih, selain mengikuti pemulihan kesehatan, juga turut serta mengikuti program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan sumberdaya terbatas, karena dalam kondisi pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19).

Untuk itu Syamsari berharap, dengan kondisi sumberdaya terbatas adalah inovasi. Jadi harus mengasah otak, agar seluruh warga menjadi produktif, kolaboratif, kreatif, dan membutuhkan peran besar para Kades. “Saya berharap kita tumbuhkan UMKM di Desa, agar dapat meningkatkan sumber Pendapatan Asli Desa,” harap Syamsari.

Hasil pantauan awak Media Jurnalsepernas.id, Abd Rauf Ampa, pelantikan Kepala Desa dirangkaikan dengan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Desa oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Takalar, Dr Hj Irma Andriani, serta penerimaan secara simbolis anggota Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Takalar oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Apdesi, Wahyudi Mapparenta.

Setelah itu, dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar kepada Kepala Kapolisian Resor (Kapolres) Takalar atas prestasi Cipta Kondisi (Cipkon) keamanan pada pemilihan Kades serentak tahun 2021 di Kabupaten Takalar.

Arman berjanji akan memperbaki pelayanan kepada masyarakat, meski bukan jam kerja. “Biar dimana saja masyarakat yang membutuhkan pelayanan, saya siap melayani,” janji Arman.

Soal Alokasi Dana Desa (ADD) dan Bantuan Dana Desa (BDD) akan dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi kepentingan masyarakat Desa Topejawa. Peningkatan jalan tani ke semua dusun akan diupayakan, demi mempermudah transportasi hasil pertanian dan perkebunan masyarakat.

Sementara bagi warga penerima dana bantuan pemerintah seperti; Program Keluarga Harapan (PKH) dan dana bantuan sosial lainnya tetap dipertahankan sesuai data base yang ada di pemerintah.

Pewarta: Abd Rauf Ampa
Editor : Loh

RUSMIN

Mengungkap Fakta Tampa Batas dengan melalui investigasi dan monitoring

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga
Close